KK dan KTP Tak Berlaku, FKS Gowa Desak Pemda Alokasikan Dana Kesehatan Untuk Rakyat Miskin

0
72

Inspiratifnews.com-Gowa Forum Kabupaten Sehat (FKS) Gowa menyoroti pihak RSUD Kab. Gowa yang sudah tidak menerima KK dan KTP untuk pelayanan di RSUD tersebut.

Wakil Ketua Forum Kabupaten Sehat Hj Hasniati Hayat  menyayangkan pihak RSUD yang serta merta tidak lagi menerima KK dan KTP (Yankestis) di RSUD dan langsung memberlangkukan penggunaan kartu JKN untuk memperoleh layanan Kesehatan Gratis.

Menurutnya, informasi terkait diberlakukanya kartu JKN harus disosialisasikan secara massif terlebih dahulu baru kemudian diberlakukan. “Masyarakat tidak siap dengan diberlakukanya kebijakan tersebut karena selama ini masyarakat sudah terbiasa dengan layanan yankestis.” ujar Hasniati saat memberikan rilis keterangan ke Inspiratifnews.com, Jum’at (05/02/2016).

Hasniati Hayat yang juga aktivis LPA ini menambahkan bahwa di Gowa masih berlaku perda kesehatan gratis dan belum dicabut jadi secara otomatis maka layanan yankestis harusnya masih tetap bisa berlaku di RSUD. “jika PKM masih bisa berlaku layanan yankestis, harusnya di RSUD juga tetap masih tetap bisa berlaku” tambahnya

Hasniati meminta agar Pihak RSUD atau pemerintah daerah harus mengalokasikan dana darurat untuk bisa mengcover pembiayaan jaminan kesehatan masyarakat miskin di masa transisi yankestis ke JKN, sehingga semua masyarakat gowa tetap bisa terbantu sembari kebijakan JKN ini disosialisasikan secara massif ke masyarakat dan sampai adanya kebijakan baru dari bupati terpilih. (Uc2)

Komentar Pembaca