KNPI Sulsel Akan Support Pengembangan Pariwisata Selayar

0
87

 

Inspiratifnews.com – Selayar – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel akan mensupport program pengembangan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar. Salah satunya, dengan melaksanakan event besar yang melibatkan seluruh pengurus KNPI Sulsel di daerah tersebut.

Sekretaris KNPI Sulsel, Ely Oscar, mengatakan, Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki potensi di sektor maritim yang harus dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, pemuda harus mengambil peran strategis dengan memberikan sumbangsihnya.

“Kami akan mengajak seluruh pengurus KNPI Sulsel hadir disini, khusus membahas apa kontribusi pemuda untuk Kabupaten Kepulauan Selayar ini,” kata Ely, saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) XIII DPD KNPI Kabupaten Selayar, yang dipusatkan di Gedung PKK Benteng, Senin (17/4).

Di hadapan Bupati Kepulauan Selayar HM Basli Ali dan jajaran Fokorpimda yang hadir, Ely juga meminta agar pemerintah mendukung seluruh kegiatan KNPI. Apalagi, ia mendengar jika Rakerda tersebut yang sedianya dilaksanakan 2015, harus tertunda dua tahun karena masalah pendanaan.

“Seorang pemimpin yang berhasil adalah yang mampu mempersiapkan pelanjutnya. Saya harap, Pak Bupati bisa memberikan support,” kata Ely.

Sementara, Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali, menyampaikan, pihaknya menyadari eksistensi KNPI sangat vital dalam pembangunan berkelanjutan. Ia pun meminta agar secara internal KNPI menyiapkan pemimpin yang andal dan berkarakter, sehingga bisa membawa Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi daerah yang terkemuka.

Terkait perhatian pemerintah daerah ke KNPI, Basli mengaku selalu berkoordinasi dengan pengurus KNPI. Begitupun dalam hal support anggaran untuk KNPI, sudah didisposisi.

“Persoalan dana sudah didisposisi, tapi ada miskomunikasi di bagian keuangan. Insyaallah di anggaran perubahan sudah bisa,” kata Basli.

Ia pun mengapresiasi dukungan KNPI Sulsel untuk pengembangan pariwisata di daerahnya. Pihaknya memang fokus di pariwisata dan maritim. Salah satunya, berupaya memperkenalkan potensi yang dimiliki ke pemerintah pusat.

“Kami sudah mengupayakan agar Kabupaten Kepulauan Selayar ini ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Pariwisata. Tahun 2019, Selayar akan menjadi nominator untuk pelaksanaan Sail Taka Bonerate,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Kepulauan Selayar, Azwar Achmad, melaporkan, rakerda sedianya dilaksanakan di 2015, tetapi mulur dua tahun karena pengurus di kecamatan belum rampung. Selain itu, juga terkendala dalam hal pendanaan.

“Semangat membangun dan spirit kepemudaan akan terus bergelombang. KNPI adalah mitra pemerintah, dan akan tetap satu gerbong membantu pemerintah,” tegasnya.

Diketahui, Sekretaris KNPI Sulsel Ely Oscar bersama beberapa pengurus lainnya, akan berada di Kabupaten Kepulauan Selayar hingga Selasa, 18 April 2017, untuk mengawal pelaksanaan Rakerda XIII DPD KNPI Kepulauan Selayar. (*)

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca