Komisi XI DPR RI Turut Musnahkan 8 Juta Rokok Ilegal

0
142

Inspiratifnews.com – Makassar, Komisi XI DPR RI mengunjungi Kantor Bea dan Cukai wilayah Sulawesi di Pelabuhan Soekarno – Hatta, terkait pemusnahan rokok dan minuman ilegal, Kunjungan ini istimewa sebab sejak 2012 – 2014 Sulawesi termasuk daerah peredaran rokok ilegal dan minuman ilegal paling tinggi melalui jalur pelabuhan soekarno – hatta makassar.

Pemusnahan ini di lakukan di kantor Bea Cukai jalan Pelabuhan Soekarno Hatta, Kamis 19 Januari 2017 ini di saksikan langsung oleh wakil ketua Komisi XI DPR RI Marwan Cik Asan dan Kanwil Bea Cukai Sulawesi, Ashar Rasyidi, turut hadir pula Amir Uskara, Anggota DPR RI yang berasal dari Sulawesi Selatan.

“Jajaran Bea dan Cukai telah bersungguh – sungguh memberantas rokok dan minuman ilegal, padahal setiap rokok dan minuman punya bea cukai yang tertera pada kemasan untuk digunakan negara membiayai pembangunan, dengan pemberantasan dan pemusnahan Rokok dan Minuman ilegal telah meminimalisir kerugian negara”, ujar Marwan Cik Asan.

Petugas wilayah Bea Cukai Sulawesi memusnahkan sebanyak 8 juta batang rokok dan puluhan minuman keras ilegal yang masuk ke wilayah Makassar, Kepala Kantor Bea dan Cukai Sulawesi Ashar Rasyidi mengatakan, barang sitaan ini adalah hasil pengawasan yang dilakukan sepanjang 2016 lalu.

Anggota Komisi XI DPR RI menyaksikan barang bukti barang impor ilegal yang akan dimusnahkan Kanwil Bea Cukai Sulawesi, Ashar Rasyidi mengatakan barang ilegal ini berasal dari sejumlah negara kemudian masuk melalui gerbang utama pelabuhan. Selain tak memiliki izin barang-barang ilegal ini juga melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Ini adalah hasil penindakan yang kami lakukan. Karena kalau ini berhasil masuk dan di distribusi kepada umum akibatnya akan fatal. Ini juga salah satu langkah kami dalam melakukan penindakan secara serius,” katanya.

Ia menjelaskan jalur laut merupakan pintu utama yang cukup rawan untuk mengimpor barang-barang ilegal ini. Petugas bahkan cukup dibuat kewalahan karena peningkatan sejak 2015 hingga 2016 tentang barang jenis impor ilegal ini semakin merajalela.

“Kita juga sudah melakukan penindakan barang ilegal ini sebanyak 523 kali itu naik 65% dari tahun 2015,” jelasnya.

Sejumlah barang ini di musnahkan dengan cara di bakar di dalam bak sampah. Selain itu penandatanganan nota kesepahaman sebagai wujud pencapaian Bea dan Cukai Sulawesi dalam pengawasan dan penindakan juga dilakukan. (*)

Berikut video pemusnahan rokok dan minuman ilegal : 

Komentar Pembaca