Kongres II IGI, Undang Anies baswedan

0
40

Inspiratifnews.com-makassar, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anis Baswedan dijadwalkan menjadi pembicara pada Kongres II Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Makassar, 30-31 Januari nanti. Pada kesempatan itu, guru-guru bisa curhat ke Anis. “Biasanya pada kegiatan seperti ini, 80-90 persen konten acara itu ceramahnya menteri atau pejabat. Ruang menyampaikan aspirasi sangat kecil, paling dua-tiga pertanyaan sudah di tutup. Ini kita balik, guru yang banyak berbicara nanti ditanggapi oleh menteri,” ujar Ketua Panitia Nasional Kongres II IGI, Muhammad Ramli Rahim, Rabu (13/1/2016).

Panitia memberikan waktu sekitar empat jam untuk direct discuss itu. Nantinya, guru-guru bisa bertanya ataupun menyampaikan kendalanya dalam menjalankan profesinya sebagai pendidik. “Apa yang dirasakan dan dijalankannya di sekolah masing-masing, termasuk berbagai keluhan tentang kebijakan pemerintah,” kata Ramli.

Pengamat pendidikan, Adi Suryadi Culla mengatakan sistem yang dibangun itu akan lebih mendorong secara psikologin atau motivasi dari pihak guru maupun instansi pendidikan. “Dialog langsung bisa menanggapi kondisi real yang dihadapi oleh guru sendiri. Tidak hanya melihat melalui laporan kemudian diselesaikan pejabat secara vertikal ke kementrian tetapi secara langsung dari masyarakat,” katanya. (ish)

Komentar Pembaca