Kopel Inginkan Kesehatan Prioritas Utama Pemkab Bulukumba

0
49

Inspiratifnews.com – Makassar, Komisi Pemantau Legislatif (KOPEL) Minta Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba agar memprioritaskan anggaran kesehatan guna menuntuskan persoalan pelayanan dasar khususnya sektor kesehatan dasar di Bulukumba.

Dalam draf awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kab. Bulukumba tahun 2016 – 2021, belum terlihat rincian anggaran kesehatan guna menuntuskan pelayanan urusan wajib tersebut, hal ini disampaikan Bakri Abubakar, Aktivis Kopel Bulukumba (9/6/16).

Abubakar mencontohkan, dalam penetapan indikator kinerja daerah terkait masalahan kesehatan hanya beberapa poin itupun targetnya rendah sekali, diantaranya seperti cakupan K4 hanya 93 % pada tahun 2020, persalinan di fasilitas 96% tahun 2020, cakupan neonatal 100% tahun 2020, cakupan pelayanan anak balita 85% Tahun 2020, imbuhnya.

Menurutnya, Pelayanan kesehatan ke depan menjadi lebih baik, maka idealnya harus mengacu pada Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Diketahui, Dalam SPM kesehatan sudah sangat jelas dalam Permenkes 741/kemenkes/Per/VII/2008 dengan 14 indikator utama yang penting untuk wajib mendapat perhatian dan dituntaskan.

selain itu, juga tertuang dalam permendagri 54/2010 pasal 11 ayat 1 huruf c yang menyebutkan bahwa program kegiatan alokasi dana, sumber pendanaan dirumuskan dalam RPJMD, RKPD, Renstra SKPD dan Renja SKPD disusun berdasarkan urusan wajib yang mengacu pada SPM sesuai dengan kondisi daerah dan masyarakat atau urusan yang menjadi tanggung jawab SKPD.

Kalau pelayanan dasar kesehatan kita mau tuntaskan, maka minimal SPM ini dulu kita tuntaskan di Bulukumba. kalau ini sudah berjalan maka pelayanan kesehatan akan menjadi lebih baik ke depan. saya kira masih ada tahapan pembahasan draf RPJMD ke depan untuk mengelaborasi hal tersebut, tambahnya.(*)

Komentar Pembaca