Kopertis IX  Anggap Universitas Sawerigading  Taat Asas

0
153

Inspiratifnews.com – Makassar – Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Hj Andi Niartiningsih, MP, menilai, Universitas Sawerigading (Unsa) dalam melaksanakan proses pendidikan selalu taat asas. Terjadi sinergitas yang sangat  baik  antara  penyelenggara dengan pengelola sehingga sangat optimis Unsa bisa lebih maju kedepan.

Guru besar Fakultas Kelautan dan Perikanan Unhas menyampaikan hal tersebut ketika menghadiri acara wisuda sarjana ke XVIII Unsa di Hotel Sahid Jaya Makassar, Rabu (31/8/2016).

Rapat senat luar biasa wisuda sarjana Unsa dipimpin Rektor Unsa Prof Dr Ir Hj Andi Niartiningsih, MP, Wakil Rektor I Dr H Muh. Hasyim, Wakil Rektor III Dr Amran Saharuddin serta seluruh dekan.

Niartiningsih, mengatakan, wisuda yang dilaksanakan  adalah  hasil dari sebuah proses panjang dan ini dapat menjadi kebanggaan bagi kampus  serta yayasan. Proses wisuda ini membuktikan kalau Unsa tetap konsisten menjalankan proses pendidikandi kampus dengan sangat baik.

Salah seorang asesor BAN-PT ini ini menyampaikan  beberapa hal sekaligus harapan bagi Unsa untuk selalu meningkatkan kualitas lulusannya. Artinya lulusannya yang  memiliki daya saing tinggi. Apalagi saat ini Indonesia sudah masuk di era persaingan global.

Sebagai gambaran telah terjadi persaingan tenaga kerja luar negeri sudah terlihat di Bandara Sultra. Tenaga kerjanya kebanyakan  dari Thiongkok. Hal ini mesti perlu disikapi,  sebab semestinya yang menduduki posisi itu adalah pekerja dari Indonesia.

Sementara itu Rektor Universitas Sawerigading, Prof Dr Hj Andi Melantik Rompegading, dalam laporannya mengatakan, tahun 2016 Unsa kembali mewisuda sarjana sebanyak 154 orang. Dari jumlah tersebut sebagian besar sudah bekerja diberbagai instansi  negeri maupun swasta.

Saat ini Unsa telah membina sebanyak 1679 mahasiswa yang tersebar di lima fakultas, yakni Hukum, Teknik,  Fisipol, Sastra,  dan FKIP. Unsa juga memiliki sumber daya dosen sebanyak 83 orang,  yang terdiri  dosen DPK sebanyak 6 orang,  dan dosen yayasan sebanyak 77 orang. Tentang sumber daya dosen Unsa ditahun 2015/2016 telah melahirkan  7 orang doktor (S3) sehingga jumlah dosen yang bergelar doktor sebanyak 9 orang dan saat ini masih ada 9 dosen Unsa dalam proses penyelesaian studi S3.

Dan pada bagian lain Ketua Yayasan Pendidikan Sawerigading,  Susanti Imuti Syahadat,  mengatakan,  akan mengapresisasi  seluruh proses pendidikan di Unsa.  Dan pihak yayasan selalu menekankan perlunya memperhatikan kualitas mahasiswa.

Yayasan ingin  alumni  Unsa memiliki kompetensi yang memiliki daya saing tinggi dan pihak yayasan akan selalu mensuppor setiap proses pendidikan yang berlangsung. (*)

Komentar Pembaca