Koran Inggris “The Independent” Stop Cetak

0
59

Inspiratifnews.com – inggris, Kemarin, Sabtu (26/3), adalah hari terakhir The Independent hadir dalam format cetak ke hadapan pembaca dan pelanggannya setelah satu bulan lalu secara resmi mengumumkan, koran yang eksis selama 30 tahun di Inggris tersebut akan beralih sepenuhnya ke penerbitan digital.

Dalam editorialnya yang terakhir hadir dengan versi cetak, The Independent mengatakan sejarah akan menjadi hakim atas “transisi yang berani” ke media online ini sekaligus sebagai contoh untuk koran-koran lain di seluruh dunia untuk mengikuti langkah yang sama.

“Hari ini kami telah berhenti, tinta-tinta sudah kering dan kertas sudah lenyap. Tetapi setelah satu bab ini kami tutup, yang lainnya sedang terbuka api dan yang penting adalah semangat The Independent akan tetap berkembang,” tulis editorial tersebut.

Pemilik surat kabar The Independent, Evgeny Lebedev, yang adalah kelahiran Rusia mengumumkan penutupan edisi cetak pada bulan lalu. Ia menulis bahwa jurnalisme telah “berubah” dan koran “harus juga berubah.”

The Independent awalnya didirikan oleh tiga bekas wartawan pada tahun 1986. Ia menjadi terkenal karena tampilan depannya yang menarik perhatian dengan titik berat pada penempatan foto-foto.

Pada puncak popularitasnya, itu memiliki oplah lebih dari 420.000 sampai pada kondisi terakhir hanya tersisa 40.000 oplah. “Surat kabar besar yang telah bertahan selama berabad-abad menemukan model bisnis mereka yang menantang yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya. Jadi tidak ada yang akan merayakan akhir dari koran cetak The Independent ini,” tulis The Guardian dalam editorialnya.

Seperti The Guardian, The Independent secara politis berkampanye keras terhadap keterlibatan Inggris dalam perang yang dipimpin AS di Irak pada tahun 2003.

Edisi cetak terakhir pada hari Sabtu tersebut juga mencakup empat majalah khusus, melihat kembali sejarahnya, sebelum menjadi harian nasional pertama di Inggris yang ditutup sejak 1995.

ESI Media, yang mengontrol The Independent, juga menjual “i” – ke Johnston Press, sebuah penerbit berbasis Skotlandia, dengan harga jual diperkirakan mencapai  £ 25 juta (32 juta euro atau $36.000.000).

Independent.co.uk saat ini memiliki hampir 70 juta pengguna global bulanan yang unik, sementara ESI Media juga telah meluncurkan aplikasi langganan baru yang menawarkan edisi cetak ‘virtual.’

sumber : mediaindonesia.com

Komentar Pembaca