KPU Tantang IWO Sulsel Kawal Pilkada Serentak

0
19

Inspiratifnews.com – Makassar  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel memberikan ruang kepada organisasi profesi Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel untuk bekerjasama pada Pilkada serentak nanti.

Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief mengatakan problem di pilkada khususnya di Sulsel adalah data pemilih yang menuntut berbasis E-KTP.

“Tantangan saat ini ada di Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil). Datanya ada 1,2 juta penduduk belum ber e-KTP, karena terkendala proses perekaman,” ungkap Iqbal Latief saat menjadi narasumber pada dialog IWO Sulsel, di Warkop 47 (Rumah Aspirasi IWO Sulsel) Jl Urip Sumoharjo, Senin (28/8).

Hal inilah yang menjadi persoalan, kata Iqbal Latief yang membutuhkan kerjasama dengan lembaga-lembaga.

“IWO Sulsel kami harap bisa membantu melalui kerjasama dengan KPU. Karena berdampak pada legalitas pemilih. Karena masyarakat memiliki hak konstitusional harus memilih,” terang Iqbal Latief.

Saat ini kata Iqbal, KPU terus melakukan sosialisasi untuk sadar mendaftar ke disdukcapil. “KPU di 24 kabupaten/kota ini terus membantu sosialisasi secara masif,” terangnya.

Apalagi KPU Sulsel menarget partisipasi pemilih pada Pilgub Sulsel sebanyak 78 persen. Jumlah pemilih di Sulsel ini 6,4 juta.

Iqbal Latief menambahkan saat ini Sulsel yang di stigma masuk zona merah, tidak benar. “Kondisi keadaan sekarang sudah kondusif. Sulsel tidak lagi zona merah, beberapa pilkada 2017 ini berjalan dengan lancar. Jadi perlahan zona merah itu sudah hilang,” bebernya.

Pada dialog IWO Sulsel mengambil tema “Pilkada dan Peran Media Daring Dalam Konteks Ketahanan Negara”.

Hadir pembicara Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief, Kadis Kominfo Makassar, Ismail Hajiali, Pengamat Politik dan Hankam, Arqam Azikin, Ahmad Yusran, dari Liputan6.com dan dipandu moderator Dedy Hasta.

Turut hadir Ketua IWO Sulsel, Hasanuddin, Sekretaris, Hasanuddin, para pengurus wilayah IWO Sulsel, Kadis Sosial Makassar, Mukhtar Tahir dan peserta lainnya. (*) 

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca