Kritik Pendidikan, Ewako Lakonkan “Talekang”

0
159

Inspiratifnews.com-Makassar “TALEKANG” itulah tema kegiatan yang diangkat oleh UKM Pantun dan Seni Kreatif Universitas Hasanuddin dalam kegiatan EWAKO Fest #3 tahun 2016 ini. EWAKO fest merupakan peringatan hari jadi UKM PSK UH yang akan dilaksanakan pada 10 Desember 2016 di Baruga A.P. Pettarani Unhas.

UKM PSK UH sendiri mrupakan wadah para mahasiswa dan pemuda dlm pelestarian pantun sbgai salah satu seni kreatif dlm seni pertunjukan di Kota Makassar. Di UKM Pantun ini pulah lahir ikon Pantun Makassar Ambo dan Indo yang didirikan oleh Rijal Djamal, Seniman Pantun Makassar.

Talekang yang merupakan singkatan dari “Tumbuhkan moral pendidikan agar tak terbelakang” merupakan buah dari keresahan anggota UKM Pantun dan masyarakat kebanyakan melihat kondisi pendidikan bangsa sekarang. Seringnya terjadi peristiwa murid memukul guru, guru perkosa murid, mahasiswa terlibat narkoba, dan berbagai hal yang mencoreng wajah pendidikan.

loading...

“Keresahan inilah yang coba teman-teman tuang dalam sebuah konsep acara yang tujuannya untuk meperlihatkan masyarakat unhas pada khususnya dan makassar pada umumnya bagaimana kondisi pendidikan Indonesia sekarang ini yang semakin merosot” ujar Evi selaku Ketua Panitia kegiatan ini, Kamis (8/12/2016).

Dalam kegiatan dengan tema talekang ini, tidak hanya opera pantun saja yang ditampilkan, tetapi ada beberapa seni tradisional dan modern seperti puisi, dance, musik, pantomim, sulap dan beberapa pertunjukan lainnya yang juga membawakan konsep tentang pendidikan.

Diharapkan acara ini dapat memberi kesan dan mampu mengubah mindset seta perilaku mengenai pendidikan kita yang ada sekarang ini. Tak lupa pula seluruh panitia mengundang semua masyarakat agar dapat menghadiri dan meramaikan acara ini. (uc2)

BAGIKAN

Komentar Pembaca