lagi, TNI AD Juara Umum Lomba Menembak International

0
72

Kegiatan yang diselenggarakan Angkatan Darat Australia (Royal Australian Army) dan bertajuk Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) ini berlangsung pada 3 hingga 19 Mei 2016 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI Kolonel Czi Berlin G mengatakan, TNI AD keluar sebagai juara umum AASAM 2016, setelah meraih 23 dari 50 medali emas di berbagai materi lomba tembak yang diperebutkan.

Sedangkan, runner up adalah kontingen dari Angkatan Darat Tiongkok, dengan perolehan sembilan medali emas. Disusul peringkat ketiga, yaitu kontingen dari Angkatan Darat Jepang yang memperoleh empat medali emas.

“AASAM 2016 diiikuti 20 negara maupun gabungan negara seperti kontingen ANZAC (Australia New Zealand Army Corps),” kata Berlin seperti dikutip dari Antara, Jumat (20/5/2016).

Berlin menyebutkan, negara yang ikut berpartisipasi dalam lomba tembak internasional tahunan ini di antaranya Amerika Serikat, Prancis, Kanada, Inggris, Australia, Tiongkok, Jepang, Uni Emirat Arab, Papua Nugini, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan Indonesia.

Berlin menjelaskan, kontingen TNI AD pada AASAM 2016 berjumlah 19 orang, yang dipimpin Mayor Infanteri Syafruddin yang sehari-hari menjabat Kasiops Sops Divisi 1 Kostrad. Sedangkan Komandan AASAM adalah Letkol Angus Bell, selaku perwira menengah dari Angkatan Darat Australia.

“Selama berpartisipasi pada lombak tembak AASAM, TNI AD senantiasa menjadi juara umum sejak pertandingan di Puckapunyal 2008, dengan menggunakan senjata jenis SS-2 V4 buatan PT Pindad yang merupakan senjata organik pasukan Kostrad,” Berlin memaparkan. (*)

Komentar Pembaca