LKC Dompet Dhuafa Sulsel gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD)

0
195

Inspiratifnews.com – Makassar – LKC Dompet Dhuafa Sulsel gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar untuk Pekerja dengan tema basic life support for employee di Favor Hotel Makassar (15/3).

Adapun peserta dalam pelatihan ini sebanyak 70 orang yaitu security, cleaning cervice, pegawai Favor Hotel Makassar.

Keadaan gawat darurat dapat terjadi karena ulah manusia maupun alam, misalnya bencana alam banjir, gempa bumi, tsunami, gunung meletus, ledakan bom, kegagalan teknologi, kecelakaan lalu Iintas, dan kecelakaan kerja atau kecelakaan saat bekerja merupakan penyebab kematian baik di daerah perkotaan maupun pedesaan.

Kondisi kegawatdaruratan dapat terjadi dimana dan kapan saja. Apabila kondisi tersebut terjadi maka sudah menjadi tugas kita untuk membantu mereka dan bukan hanya petugas medis saja. Maka sudah seharusnya masyarakat umum terutama karyawan yang bisa mengalami kecelakaan kerja.

Jika pada suatu keadaan ditemukan korban dengan penilaian dini terdapat gangguan tersumbatnya jalan nafas, tidak ditemukan adanya nafas dan atau tidak ada nadi, maka penolong harus segera melakukan tindakan yang dinamakan dengan istilah BANTUAN HIDUP DASAR (BHD).

BHD merupakan tindakan darurat untuk membebaskan jalan napas, membantu pernapasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu.

Secara umum tujuan pelatihan BHD yakni untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada para karyawan dan instansi akan pentingnya memberikan penangan awal terhadap korban henti jantung sebelum dievakuasi ke sarana kesehatan.

Menurut Faizah, PJ kegiatan BHD secara khusus tujuan pelatihan ini agar semakin banyak karyawan yang mengetahui, dapat dan mampu memberikan penanganan awal terhadap korban henti jantung maka dapat mempertahankan kehidupan korban saat korban mengalami keadaan yang dapat mengancam jiwa.

Agar para karyawan memiliki pengetahuan yang memadai dan mampu memberikan bantuan hidup dasar untuk kemudian disampaikan kembali ke teman kerja, keluarga, dan lingkungannya.

LKC DD Sul-sel melalui rangkaian Program Kesehatan Bantuan hidup dasar juga menjadikan masyarakat awam khususnya karyawan dalam kegiatan ini berupa sosialisasi Kesehatan dan pelatihan penanganan awal terhadap korban henti jantung.

Melalui rangkaian program tersebut, diharapkan karyawan yang sudah diberikan penyuluhan, edukasi, dan pelatihan sejak dini mengenai bantuan hidup dasar dapat mempraktekkan tindakan awal yang bisa mereka berikan saat menemukan korban henti jantung sebelum mengantarkan korban ke fasilitas kesehatan terdekat. Dengan demikian masyarakat awam sudah bisa tanggap dalam menangani korban emergency. (*)

Komentar Pembaca