LP2M Sulsel Ajak Direktur Ponpes Muhammadiyah Se-Sulsel Study Banding Di Gontor Dan Jogja

0
82

Inspiratifnews.com-Makssar Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Sulsel bersama Direktur Pesantren Muhammadiyah Se-Sulsel mengunjungi Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur dan Madrasah Mualimim Muhammadiyah Jogyakarta dan Muhammadiyah Boarding School Perambahan Jogyakarta, 18-19 Oktober 2017.

Kunjungan tersebut dalam rangka study banding terkait Sistem Manajemen Pembinaan dan Pengembangan pesantren di Pesanteren tersebut.

Dr. KH. Fairuz Subair MA Direktur Ponpes Darussalam Gontor merasa sangat bergembira atas kunjungan Ponpes Muhammadiyah Se-Sulsel di Gontor.

“hal ini merupakan langkah maju untuk Muhammadiyah, agar bisa lebih konsentrasi dalam pembinaan anak didik dan generasi muda dalam pembinaan pendidikan dengan model pesantren yang menekuni dalam 5 hal penguasaan Bahasa Arab, Inggris, Kitab Gundul, dan Kajian Tafsir Hadits
melalui kajian bahasa Arab dan inggris dan membangun model pendidikan kemandirian dengan sistem pendidikan pesantren serta peningkatan life skill bagi luaran pondok pesantren” ungkapnya, Kamis (19/10/2017).

Ia menjelaskan bahwa dalam era globalisasi ini dimana Indonesia menghadapi virus globalisasi melalui pendidikan barat serta terjadinya pendangkalan akidah, akhlak serta komitmen kebangsaan dan keislaman melalui intervensi budaya asing yang cenderung menyesatkan generasi islam kedepan maka ponpes sebagai lembaga pendidikan yang pertama di indonesia harus mampu untuk bangkit dalam menghadapi tantangan tersebut.

“Maka sudah pantaslah muhammadiyah yang saat ini telah berhasil menjadi organisasi islam terbesar di dunia harus menjadikan model pesantren sebagai sistem pendidikan dalam pembentukan karakter sehingga nantinya mampu kembali eksis dalam melanjutkan misi dakwah yang dicanangkan oleh pendirinya KH. Ahmad Dahlan dalam melahirkan ulama yang intelektual sehingga muhammadiyah kedepan lebih dapat memproduksi kader-kader baru khususnya kader ulama yang memiliki semangat jihad dan dakwah dalam menata peradaban menuju indonesia yang berkemajuan” pungkasnya

Husni Yunus yang merupakan Wakil Ketua LP2M Sulsel yang memimpin rombongan Direktur Ponpes muhammadiyah Se-Sulsel berharap dari kunjungan ini para pimpinan Ponpes Muhammadiyah Se-Sulsel ini dapat menambaha wawasan mereka tentang sistem pengelolaan pesantren dan bisa di aplikasikan di Pesantrennya masing-masing

“semoga dari kunjungan ini, para pimpinan Ponpes Muhammadiyah Se-Sulsel busa mendapatkan masukan terkait sistem model pengelolaan Ponpes modern yang berbasis Al-Quran dan As-Sunnah dengan melalui pengembangan Tahfidz Al-Quran dan Bahasa Inggris dan Arab” kata Husni.

Turut serta dalam rombongan tersebut KH Mahlani Idris (Direktur Gombara), Drs.M Arsyad (Wakil Direktur Gombara), Drs. KH Syahrir (Direktur Darul Arqam Punniya Pinrang), Andi Samiluddin S. Pd (Wakil Direktur Arqam Punniya Pinrang), KH Untung Sunardi S. Ag. M. Pd.I (Direktur Darul Arqam Balebo Masamba Luwu Utara), Suhardi Amran, S. Pd.I., M. Pd.I (Wakil Direktur Ponpes Ahlu Suppa Bantaeng), Drs. Mansyur Kadir (Drektur Ponpes Hizbul Wathan Muhammadiyah Gowa), Ibrahim, M. Pd (Pengurus LP2M Sulsel) serta sejumlah pengurus LP2M lainnya. (uc2)

Komentar Pembaca