Mahasiswa STIE Amkop Gelar Seminar dan Pelatihan BUMDes

0
240

Inspiratifnews.com – Makassar, Mahasiswa KKN – PEM Angk XXII STIE Amkop melaksanakan kegiatan Seminar dan Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kantor Kecamatan Simbang Kabupaten Maros pada hari Kamis, 9 Maret 2017 yang ikuti oleh seluruh pengelola BUMDes se-Kecamatan Simbang.

Sebagai wujud komitmen STIE AMKOP menjalankan fungsi dalam pengabdian pada masyarakat. Maka KKN-PEM yang dilaksanakan pada Kecamatan Simbang adalah bagaimana peningkatan pendapatan masyarakat dan pengelolaan potensi desa melalui sarana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Pada kegiatan Pelatihan dan seminar tersebut Mahasiswa KKN-PEM STIE AMKOP Makassar, langsung memberikan materi simulasi secara teknis dalam pengembangan dan pengelolaan BUMDes pada pembuatan akses jaringan pemasaran dan pencatatan keuangan.

Dalam kegiatan tersebut ditekankan bagaimana memaksimalkan semua potensi ekonomi lokal bersifat etnik di Kecamatan Simbang dikelola secara maksimal dengan mengedepankan aspek manajemen pemasaran dan manajemen pencatatan keuangan sesuai dengan standar pencatatan akuntansi keuangan.

Dalam kegiatan ini, Abdul Karim yang menjadi salah satu pemateri menyampaikan pada seluruh pengelola BUMDes yang ada di Kecamatan bahwa pemerintah tidak boleh mematikan potensi penggerak ekonomi desa seperti pasar tetapi potensi tersebut harus dihidupkan dalam rangka melakukan peningkatan ekonomi pada sektor rumah tangga maupun mikro, ungkap Abdul Karim pemateri Seminar, Jumat (10/3).

Selain itu, Kata Karim, jumlah Alokasi Dana Desa ADD sudah disyaratkan Pemerintah Pusat sebanyak 20% untuk dialokasikan pada peningkatan ekonomi desa melalui BUMDes, pungkasnya. (*)

Komentar Pembaca