Makassar akan bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

0
82

INSPIRATIFNEWS.COM-Jakarta, Sampah kota Makassar segera akan menjadi energi listrik. Dengan produksi sampah yang saat ini mencapai 800 ton per hari, persoalan sampah terus mengepung kota selama beberapa tahun terakhir.

Namun hal ini akan segera terpecahkan, dari hasil rapat kabinet terbatas yang diikuti Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Jumat (5/2) di Istana Negara yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo, Makassar ditunjuk menjadi satu dari empat kota yang akan diprioritaskan dalam proyek pengelolaan sampah menjadi energi lisrik.

Saat menyampaikan hasil rapat kabinet terbatas, Jumat sore menyatakan upaya Pemerintah kota Makassar yang bekerja keras menangani persoalan sampah telah berbuah hasil dan mendapat perhatian pemerintah pusat.

“Dari tujuh daerah kota/kabupaten yakni enam kota Metropolitan dan satu kota besar yakni Solo yang hadir dalam rapat kabinet tadi, Makassar telah dipilih sebagai salah satu yang akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah,” jelas Danny Pomanto.

Rencana pembangunan Pembangkit tenaga sampah yang akan memanfaatkan sampah sebagai bahan baku utama, selama ini terkendala pada jumlah minimum sampah yang harus dihasilkan untuk menggerakkan yakni 1000 ton perhari. Namun Walikota menyatakan telah berinisiasi mencarikan solusi dengan cara mengkolektifkan dari timbunan sampah yang telah ada.

“Usulan tersebut saya sampaikan dari dua kali kesempatan bicara yang diberikan dan akhirnya usulan itu pun diikuti oleh seluruh kota yang hadir,” lanjut Danny.

Hal lain yang menunjang penunjukan Makassar yakni keberhasilan pemerintah kota dalam menggerakkan bank sampah yang melibatkan peran aktif seluruh warga masyatakat. Pemerintah pusat menilai pemerintah kota berhasil menggugah peran serta warga, sehingga membuka peluang-peluang ekonomi lebih luas dari pengelolaan sampah.

“Pengelolaan sampah terpadu nantinya akan memberikan berbagai solusi persoalan secara komprehensif, tidak hanya dari segi penyediaan tenaga listrik yang akan dihasilkan tetapi juga penyelesaian masalah sosial seperti pengangguran dan peningkatan ekonomi, di situlah Makassar telah memberikan contoh. Jadi pantaslah kita ditunjuk menjadi salah satu kota itu,” kata Danny.

Komentar Pembaca