Mantap ! SYL didukung 62 % warga Sulsel Pimpin Golkar

0
124

Inspiratifnews.com – Makassar, Steering Committee (SC) Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar telah menetapkan 8 kandidat yang akan bertarung pada 15 mei mendatang di Bali. Syahrul Yasin Limpo telah ditetapkan sebagai kandidat dengan nomer urut 8, sabtu (7/5).

Lembaga survei, Celebes Research Centre (CRC) merilis persepsi publik terhadap pencalonan Syahrul Yasin Limpo (SYL), setelah melakukan riset dari tanggal 27 april – 3 mei 2016 di 24 kabupaten/kota sesulsel.

Menurut Herman Heizer, partai Golkar saat ini tengah mengalami krisis kepemimpinan, selama seminggu terakhir rumor yang menarik antara gagasan dan mahar politik cukup menyita perhatian responden, ujar herman saat press confrence di hotel fave, minggu (8/5).

Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang turut berkompetisi dengan tagline gagasan ‘Tanpa Mahar Politik’, ternyata mendapat empati dari seluruh masyarakat sulawesi selatan. demikian halnya DPD II Partai Golkar seSulsel 80% yang mendukung pencalonan SYL pada munaslub Partai Golkar, ujar herman pendiri lembaga survei CRC ini.

Gagasan SYL ini, guna membangun Partai Golkar lebih bermartabat, beliau menyadari penurunan elektabilitas dan kepercayaan masyarakat pada Partai Golkar mulai menurun pada Pilpres lalu, sementara langkah yang ditempuh SYL untuk memimpin Partai Golkar sangat didukung oleh masyarakat sulsel sebanyak 62% dari 800 responden, bahkan pemilih ideologis Partai Golkar juga mendukung, papar herman.

Tabel : Grafik responden mendukung SYL di munaslub Partai Golkar, 15 mendatang. (dok : CRC)
Tabel : Grafik responden mendukung SYL di munaslub Partai Golkar, 15 mei mendatang.

Menurutnya, untuk melangkah ke putaran kedua SYL harus memenuhi syarat dukungan 30% dari DPD II dan DPD I Partai Golkar. olehnya itu, pihaknya masih memantau perkembangan dinamika politik Partai Golkar yang saat ini para kandidat melakukan kampanye di zona 1 medan, perserta yang hadir DPD II dan DPD I Partai Golkar, pungkasnya.

Faktor lain, dinamika politik tentu melibatkan berbagai pihak yang memiliki kepentingan. sementara untuk menjadi pemenang pada hajatan politik dipengaruhi beberapa variable selain mahar politik, tetapi yang utama adalah lobi politik untuk menyatukan visi dan kepentingan termasuk arah dukungan Presiden dan Wakil Presiden. (ish)

Komentar Pembaca