Mariana : Ilmu dan Praktik Baik Perlu Dibagi

0
92

 

Inspiratifnews.com – Takalar – Mariana, S. Pd.I., M. Pd.I adalah guru kelas 1 SDN 185 Inpres Salambu Kecamatan Mangarabombang dan salah satu fasilitator daerah (fasda) program buku bacaan berjenjang (B3) Kabupaten Takalar. Dalam kesibukannya sebagai pengajar dan pendidik, Mariana juga telah meluangkan banyak waktu untuk mendampingi dan memfasilitasi forum kelompok kerja guru (KKG) kelas awal di Kabupaten Takalar, khususnya dalam melestarikan metode pembelajaran membaca berimbang program buku bacaan berjenjang USAID PRIORITAS Sulawesi Selatan.

Mariana, saat dimintai keterangan via whatsapp, akan motivasinya untuk berbagi secara sukarela dalam forum KKG mengatakan, bahwa ilmu dan praktik baik dalam pembelajaran itu perlu untuk dibagi. Supaya teman-teman di gugus lain juga merasakan, dan bisa menerapkan metode pembelajaran membaca berimbang, seperti yang telah kami terapkan di sekolah. Agar minat baca dan literasi siswa di Kecamatan Marbo bisa merata dan meningkat.

“Ilmu yang dimiliki itu perlu untuk dibagi, begitu juga praktik-praktik baik yang kami lakukan disekolah. Supaya minat baca dan literasi siswa, khususnya di kelas awal bisa meningkat. Karena berawal dari kelas awal”, terang Mariana.

Sulaiman, program asisten program buku bacaan berjenjang USAID PRIORITAS Kabupaten Takalar mengatakan, bu Mariana ini, merupakan salah satu fasilitator handal dan memiliki jiwa kerelawanan yang sangat tinggi, dan merupakan aset daerah yang harus selalu diorbit dan diberikan ruang yang banyak oleh pemerintah daerah khususnya dinas pendidikan Kabupaten Takalar.

“Saya pikir, bu Mariana ini, merupakan salah satu contoh pengajar dan pendidik yang harus selalu diorbit dan diberi ruang yang banyak untuk bisa berbagi kepada sekolah-sekolah lain. Sehingga permasalahan literasi siswa-siswa kita bisa teratasi sejak dari kelas awal,” ungkap Sulaiman. (Suju)

Komentar Pembaca