Mau Maju Pilkada Jalur Independent, Catat Ini Jadwal Tahapannya

0
15

Inspiratifnews.com, Makassar – Pada Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, bersama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, menetapkan jadwal tahapan Pilkada serentak pasangan calon melalui jalur perseorangan.

Menurut Komisioner KPU Sulsel Misna Attas, tahapan melalui jalur perseorangan atau lewat jalur independen ditetapkan berdasarkan pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017.
“Tahapan jalur perseorangan berdasarkan pada PKPU No. 1 Tahun 2017,” ucap Misna Attas di Kantor KPU Sulsel, Jl. AP. Pettarani, Makassar, Minggu (10/9/2017).

Terkait dengan syarat dukungan pasangan calon perseorangan dimulai pada 31 Juli 2017, kemudian penetapan rekapitulasi DPT pemilihan terakhir, sebagai dasar penghitungan jumlah minimum dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan mulai pada 10 September 2017 dan pengumuman syarat minimal dukungan pada 9 November 2017.

Sementara penyerahan dukungan KTP paslon jalur independen di mulai pada 22 hingga 27 November 2017 dan dilanjutkan ferivikasi dukungan paslon. Sedangkan pengumuman pendaftaran pasangan calon pada 1 Januari 2018, kemudian proses pemeriksaan kesehatan 8 Januari 2018. Selanjutnya penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan 15 Januari 2018.

Menurut Misna Attas, dukungan KTP jalur independen akan di verifikasi berdasarkan aturan, dimana masyarakat harus pernah tinggal atau berdomisili di daerah tersebut minimal 1 tahun baru kemudian bisa memberikan hak suara.

“Harus memenuhi persyaratan di mana warga pernah berdomisili minimal selama 1 tahun,” bebernya
Pasangan calon yang menggunakan jalur independen diharapkan agar pro aktif melakukan konsultasi dengan pihak KPU agar mendapatkan informasi tahapan jalur independen.

Namun sejauh ini, kata Misna Attas pasangan calon yang ingin maju menggunakan jalur independen belum ada satupun kandidat yang mengambil formulir pendaftaran yang menggunakan jalur ini.

“Belum ada kandidat yang mengambil formulir pendaftaran. Mulai dari sekarang sebaiknya berkoordinasi dengan KPU Sulsel, tentang pengisian formulir dan aplikasi yang akan digunakan untuk menyetor syarat dukungan perseorangan ke KPU,” tambahnya.(SA)

 

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca