May Day, 100 Anak Buruh Pelabuhan diSunnat

0
87

Inspiratifnews.com – Makassar, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyikapi Hari Buruh atau May Day yang diperingati tiap tanggal 1 Mei dengan cara yang berbeda. Dalam rangka May Day, Pelindo IV menggelar bakti sosial donor darah dan sunatan massal, Jumat (28/4/2017).

Dalam kegiatan tersebut, Pelindo IV bekerja sama dengan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Sulawesi Selatan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel, serta didukung oleh seluruh stakeholder pelabuhan.

General Manager PT Pelindo IV Cabang Makassar, Yosef Benny Rohy, mengatakan bahwa pihaknya menggelar kegiatan yang positif agar memicu peningkatan produktivitas, sehingga dapat memberikan dampak ekonomi bagi para stakeholder di pelabuhan.

“Menyambut May Day tahun ini, kami ingin membuat program yang positif melalui kegiatan sosial berupa donor darah dan sunatan massal,” kata Yosef.

Yosef menambahkan, kegiatan donor darah yang digelar di Lobi Kantor Pusat Pelindo IV bekerjasama dengan PMI Sulsel. Pihaknya menargetkan bisa mengumpulkan 150-200 kantong darah. Kegiatan donor darah ini diikuti semua karyawan Pelindo IV dan instansi pelabuhan lainnya.

“Kami ajak semua karyawan PT Pelindo, pekerja di pelabuhan, instansi pelabuhan, dan masyarakat sekitar pelabuhan untuk donor darah. Karena donor darah baik bagi kesehatan diri sendiri, juga sangat membantu bagi orang lain,” tukasnya.

Sedangkan untuk kegiatan sunatan massal yang digelar di lantai 2 bekerjasama dengan RS Akademis Makassar. Pelindo IV menargetkan 100 anak yang akan disunat.

Khusus sunatan massal, menurut Yosef, pihaknya mengutamakan anak-anak dari Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), sekuriti, dan pedagang kaki lima (PK5) yang berada di Pelabuhan Makassar.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Agustinus Appang, mengapresiasi kegiatan sosial yang digelar Pelindo IV dalam rangka memperingati May Day ini.

“Selama ini May Day atau Hari Buruh selalu identik dengan demo buruh sehingga sering menakutkan bagi masyarakat. Tetapi kali ini buruh bekerja sama dengan Pelindo IV dan pihak-pihak lainnya membuat kegiatan yang lebih berguna bagi semua pihak. Ini patut kita apresiasi, baik kepada Pelindo IV maupun SPSI Sulsel,” bebernya.

“Saya harap ini bisa berlanjut lagi di masa mendatang. Jika perlu, tahun depan kita gelar kegiatan keolahrgaan,” kata Agustinus.

Ketua SPSI Sulsel, Basri Abbas, menuturkan pihaknya juga sangat mengapresiasi kegiatan Bakti Sosial dalam rangka Hari Buruh yang digelar di Pelindo IV.

“Kami bersyukur, selama ini komunikasi SPSI Sulsel dengan Pelindo IV terjalin cukup baik, sehingga dipastikan pada Hari Buruh nanti kami tidak akan menggelar aksi demo, terutama di sekitar area Pelabuhan Makassar. Tetapi kami justru menggelar kegiatan positif yaitu Bakti Sosial dalam bentuk Donor Darah dan Sunatan Massal di Pelindo IV,” ucapnya. (*)

Komentar Pembaca