Menambah Kenyamanan, Baznas Enrekang Siap Luncurkan NPWZ dan Muzakki Corner

0
42

Inspiratifnews.com-Enrekang Untuk memberi kemudahan dan kenyamanan dalam berzakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Enrekang berencana meluncurkan kartu Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) dan Muzaki Corner, hal ini disampaikan Baharuddin kepada Upeks, di Kantor Baznas Enrekang, baru-baru ini, Sabtu (22/07/2017).

Baharuddin, Ketua Bidang Perencanaan Baznas Kabupaten Enrekang menjelaskan, kartu NPWZ diharapkan akan semakin memudahkan penyetor zakat (muzaki) pada saat membayar zakat, infaq dan sedekah. Selain itu, Muzaki juga mudah mengecek pembayaran dan laporan lain melalui Muzaki Corner.

“Para Muzaki bisa mengunduh aplikasi Muzaki Corner di playstore melalui android dan memasukkan no NPWZ untuk memantau pembayaran, laporan dan lainnya sehingga lebih transparan, ” ujarnya Dosen STKIP Muhammadiyah Enrekang ini.

Bahar menambahkan tidak ada batasan usia untuk mendapatkan Kartu NPWZ sehingga seluruh muzakki pembayar zakat juga bisa mengajarkan kepad anak-anak mereka untuk membangun budaya sedekah pada keluarganya  sejak dini.Dia menargetkan tahun 2017 ini bisa menghimpun zakat sebesar Rp 6,5 miliar.

“Semoga target tahun ini bisa tercapai karena Forkompimda Enrekang dan seluruh PNS telah memberikan contoh dengan membayarkan zakat penghasilan sebesar 2,5 persen melalu Baznas,” ujarnya.

Ketua Baznas Enrekang Mursyid,  berharap, kartu NPWZ dan Muzakki Corner bisa memberikan manfaat untuk masyarakat muzakki tentang zakat yang mereka bayarkan.

Imam Masjid Taqwa Muhammadiyah ini menjelaskan, sesuai UU pajak, pembayar zakat akan ada pengurangan pajak ketika Kartu NPWZ dan bukti setor zakat terlapor bersamaan dengan pelaporan pajak masing masing pembayar pajak.

Selain itu ada yang menarik setiap kali selesai membayar zakat karena akan ada notifikasi pemberitahuan dan doa kepada pembayar Zakat, Infaq dan Sadaqah melalui Seluler dan email masing masing pemegang kartu NPWZ tersebut.

“Ini langkah maju bagi Baznas Enrekang,  sesuai dengan misinya menjadi Baznas rujukan bagi Baznas Kabupaten/Kota di indonesia. Insyaallah tahun ini kami siapkan perangkat aplikasinya yang akan menerbitkan dan mesin pencetak kartu NPWZ, ” tutup Mursyid. (*)

Komentar Pembaca