Mengejutkan, SYL urut 4 Caketum Golkar

0
74

Inspiratifnews.com-Jakarta, Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golongan Karya (Golkar) yang akan digelar pada April mendatang, memancing beberapa organisasi untuk melakukan survey peluang para calon.

Salah satu lembaga survei yang berbasis di Jakarta, Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) melakukan survei terkait popularitas calon ketua umum Partai Golkar.

Juru Bicara KedaiKOPI, Hendro Satrio memaparkan, hasil survei menunjukkan mantan Ketua DPR Setya Novanto memeroleh peringkat pertama dengan kategori calon Ketua Umum Partai Golkar terpopuler dengan presentase 35,80 persen, disusul Ketua DPR Ade Komaruddin dengan popularitas 25,00 persen.

“Di peringkat pertama Setya Novanto yakni 35,80 persen, lalu di peringkat kedua Priyo Budi Santoso 26,80 persen, Ade Komarudin di peringkat ketiga 25,00 persen,” ujar Hendro dalam jumpa pers hasil survei calon ketua umum Golkar di Resto Dua Nyonya Cikini, Jakarta, Kamis (3/3/2016).

Data KedaiKOPI juga menunjukkan kejutan dengan masuknya Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo pada peringkat keempat. Meski sebagai “orang daerah” namun SYL sapaan akrab sang Gubernur memiliki angka popularitas 20 persen, mengalahkan Idrus Marham yang Sekjen Golkar dengan presentase 19,04 persen.

Pencapaian ini termasuk istimewa bagi SYL mengingat dirinya “hanya” ketua DPD I Sulawesi selatan. Untuk diketahui, survei ini dilakukan kepada 500 responden yang tersebar secara prorosional di seluruh Indonesia.

Responden adalah pengguna telepon yang dipilih secara acak menggunakan metode sampel acak sistematis. Komposisi responden di setiap daerah mempertimbangkan proporsi antar jumlah penduduk di setiap daerah.

Survei ini menggunakan margin of error (MoE) kurang lebih 4,38 pada tingkat kepercayaan 99,5 persen. Lalu Proses pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 29 Februari sampai 1 Maret 2016 melalui wawancara via telepon dan menggunakan kuesioner terstruktur.(*)

Komentar Pembaca