Menkopolhukam : Makassar Pillar Utama Indonesia

0
30

INSPIRATIFNEWS.COM-MAKASSAR, Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Mengkopolhukam RI) Jendral Purnawirawan Luhut Panjaitan menyebut bahwa kota Makassar akan menjadi barometer di Indonesia. Luhut yakin Makassar akan jadi barometer di Indonesia melihat kekompakan dan persatuan warga Makassar mesti diikuti provinsi-provinsi lain, dan hal ini akan saya (Luhut) laporkan pada presiden RI Joko Widodo, ujarnya. saat pertemuan akbar masyarakat, pemerintah, TNI, dan POLRI di Celebes Convention Center (CCC), (3/2).

Luhut mengaku kagum dengan kekompakan dan persatuan seluruh elemen masyarakat yang terlihat di Makassar. Luhut awalnya memprediksi kegiatan ini hanya akan diikuti 600 orang, dan tidak menyangka sekitar 12 ribu warga telah menantinya.

Luhut pun memuji kepemimpinan wali kota Makassar Danny Pomanto. Bagi mantan jenderal ini mengorganisasi masyarakat yang sedemikian banyaknya untuk hadir dalam suatu pertemuan seperti ini bukanlah hal yang mudah. Kecuali, kata Luhut jika  Gubernur, Wali kota/ bupati se-Sulsel juga kompak.

Oleh sebab itu, layak jika gubernur Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan pertumbuhan ekonomi Sulsel meningkat  rata-rata 8 persen disaat pertumbuhan ekonomi nasional anjlok, ujar luhut. Terlebih kemanan daerah yang senantiasa terjaga dan kondusif. “Kalau suatu daerah aman pasti warganya sejahterah. Karena mereka secara damai dan tentram dapat memenuhi kebutuhan ekonominya,” ungkapnya lagi.

Dalam orasi kenegaraannya, ia melakukan sosialisasi terkait deradikalisme dan pencagahan teroris terutama ISIS yang mulai menjangkiti Indonesia diawali peledakan bom Sarinah beberapa waktu lalu. Dari diagram yang ia perlihatkan terdata pendukung dan pengikut teroris di Indonesia dari tahun 2014-2015 meningkat dua kali lipat.

Namun dirinya yakin segala bentuk terorisme di masyarakat terutama di Makassar tidak akan mudah masuk jika kekompakan yang disaksikannya ini terus berlangsung dan terjaga.

Sebelumnya, Gubernur SYL juga menyampaikan bahwa teroris bukanlah berasal dari agama Islam ataupun agama tertentu. Tetapi baginya, teroris itu merupakan pembunuh yang tidak beragama.

“Makassar pilar utama Indonesia, kita tidak ingin bergolak seperti Suriyah dan negara-negara timur tengah. Mari tetap jaga eksistensi negara ini agar tetap damai dan tentram,” teriaknya disambut aplaus meriah.

Danny hanya bisa merendah saat berbagai sanjungan dan pujian terhadapnya, “Semua itu berkat semua warga Makassar yang kompak. Tanpa kita saya juga bukan apa-apa,” pungkas dany.

Terlepas dari hal itu Danny mengatakan bahwa statemen Menteri dan Gubernur menandakan bahwa Makassar sangat diperhitungkan secara nasional, kalau bisamakassar jadi Pillar Utama Indonesia. (ish)

Komentar Pembaca