Menkopolhukam paparkan 3 strategi tangani teroris

0
41

INSPIRATIFNEWS.COM-MAKASSAR, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk menumpas teroris di Indonesia.

Dalam pemaparan Luhut,bahwa 3 strategi jitu yang saat ini dijalankan oleh pemerintah, Polri dan TNI. Masing-masing, soft approach, kerja sama intelijen, dan Hard approach.

Pertama “Strategi soft approach merupakan strategi pendekatan kepada masyarakat, kelompok, dan tokoh agama. Seperti halnya juga yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar hari ini,” kata Luhut saat menghadiri pertemuan Makassar Aman di Gedung CCC, Kota Makassar, Rabu (3/2/3016).

Kedua Kerjasama Intelijen, melakukan kerjasama intelijen baik dalam dan luar negeri mengingat teroris saat ini menggunakan teknologi informasi seperti wahatshap,dll. maka TNI dan Polri punya pasukan cyber army dan police cyber, ujarnya.

Sedangkan Ketiga hard approach, lanjut Luhut, merupakan strategi yang melibatkan institusi keamanan negara, seperti TNI maupun Polri untuk memberikan reaksi cepat terhadap gerakan kelompok bersenjata. Seperti yang dilakukan pihak kepolisian pada saat pengeboman di Jakarta.

Luhut menambahkan, dengan adanya kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar, mengumpulkan semua elemen masyarakat, LSM, organisasi, tokoh agama, TNI dan Polri, tentunya akan membuat situasi di Makassar semakin kuat dan tidak takut untuk melawan teroris. (ish)

Komentar Pembaca