Mukhtar Tompo Harap Alumni Program Habibie Bersinergi Bangun Bangsa

0
53

Inspiratifnews.com,Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtar Tompo diundang memberikan Refleksi Kebangsaan dalam momentum Pelantikan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) Periode 2016-2019, di Sekretariat Pusat IABIE, Jalan Soeroso No. 6 Jakarta Pusat, Rabu (17/08/2016).

IABIE adalah suatu ikatan yang didirikan  oleh para Alumni Program Habibie pada tanggal 2 Agustus  2013, bertepatan dengan 24 Ramadhan 1433 H di Rumah kediaman Prof. Dr. B.J Habibie, Patra Kuningan, Jakarta. Ikatan ini adalah suatu Ikatan Alumni yang terdiri dari para lulusan SMA terbaik di seluruh Indonesia yang berjumlah lebih dari 1500 orang yang  pada tahun 1982 – 1996 dikirim oleh Kementerian  Riset dan Teknologi (di masa Prof. BJ Habibie) dalam Program OFP, STMDP, STAID, IPTN dan PT PAL untuk  melanjutkan studi S-1 di bidang Sains & Teknologi ke beberapa negara maju di dunia diantaranya Jerman, Amerika Serikat, Perancis, Belanda, Inggris, Australia, Kanada, Austria, dan Jepang.

Dalam refleksinya, Mukhtar memuji pilihan waktu yang dipilih oleh Pengurus Pusat IABIE dalam menggelar pelantikan, yang bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. “IABIE memiliki semangat untuk memerdekakan bangsa ini dari keterbelakangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Meski suasananya tak semeriah peringatan di Istana Negara, namun spirit kemerdekaan di tempat ini tak kalah besarnya,” pungkas Anggota Fraksi Partai Hanura DPR RI ini.

Mukhtar mengapresiasi kiprah para alumni program Habibie, dan mengajak para alumninya untuk bersinergi dalam membangun bangsa. “Dalam waktu yang tidak terlalu lama, saya berharap Pengurus Pusat IABIE dapat segera saya pertemukan dengan teman-teman Komisi VII dan mitra-mitra strategis, baik dari Kementerian maupun LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian-red.). Agar semua ide-ide teman-teman IABIE dapat disinergiskan dengan program-program Pemerintah,” jelas Mukhtar.

Dukungan Mukhtar terhadap IABIE dilakukan bukan karena berasal dari daerah yang sama dengan Habibie, namun adanya kesamaan cita-cita membangun bangsa. “Jika semua program Pemerintah didasarkan pada riset, maka saya yakin visi Presiden Jokowi akan jauh lebih cepat terwujud. Teman-teman IABIE saya yakin juga memiliki cara pandang yang sama,” ungkap legislator asal Sulawesi Selatan ini.

Ketua Umum IABIE Bimo Sasongko dalam sambutannya menegaskan bahwa IABIE memiliki alumni yang bertebaran di berbagai latar belakang profesi. “Kita berharap dapat menghimpun potensi alumni program Habibie, saling bersinergi dalam membangun Indonesia,” tegasnya.

Dalam menjalankan kepemimpinan Pengurus Pusat IABIE, Bimo Sasongko didampingi oleh Irwan Prasetyo, sebagai Sekretaris Jenderal. Selain itu, didampingi pula oleh Dr Jarot Suroso (Ketua I), Komang Wirawan (Ketua II), Hemat Dwi Nuryanto (Ketua III), Dr. M. Sarinanto (Ketua IV), Dr. Kaharuddin Djenod (Ketua V), Dr. Barman Tambunan (Ketua VI), Dr. Suyoto Rais (Ketua VII), dan Wiwiek Yuliani (Ketua VIII).

Jumlah keseluruhan Pengurus Pusat IABIE mencapai 114 orang. “Ada yang bilang jumlah ini terlalu banyak, padahal jumlah alumni AIBIE yang harus kami himpun mencapai lebih dari 1.500 orang,” tandas Bimo.

Pelantikan ini dihadiri pula oleh Deputi Staf Kepresidenan Darmawan Prasojo, Dewan Pengawas, Dewan Pakar dan segenap Pengurus Pusat IABIE.(*)

Komentar Pembaca