Mukhtar Tompo Narasumber Seminar Kebangsaan MPR

0
108

Inspiratifnews.com-Jakarta Anggota Fraksi Partai Hanura MPR RI Mukhtar Tompo didaulat sebagai narasumber kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Membangun Komitmen Pemuda-Mahasiswa Dalam Menjaga Kebhinekaan Untuk Memperteguh Kemajemukan Bangsa”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fraksi Partai Hanura Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia bekerjasama dengan Jaringan Mahasiswa Indonesia, di Hotel Kartika Chandra, Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat, Senin, (10/10/2016)

Mukhtar mengawali pemaparannya dengan mengulas kiprah Pemuda dalam lintasan sejarah Indonesia. Diawali dengan memelopori pergerakan nasional pada tahun 1908 melalui organisasi Budi Utomo, mencetuskan persatuan melalui Sumpah Pemuda 1928, merebut dan mempertahankan Kemerdekaan tahun 1945, turut berperan dalam menumbangkan rezim Orde Lama 1966, dan memelopori gerakan reformasi tahun 1998.

“Spirit Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 itu, berbahasa satu, berbangsa satu, dan bertanah air satu, bukan dimaksudkan untuk penyeragaman, tetapi justru bersatu dalam keberagaman. Dari janji ini, lahirlah Indonesia yang hari ini dihuni oleh lebih 250 juta penduduk dari lebih 1.128 suku bangsa dengan lebih dari 700 bahasa lokal dan dialek,” jelas Anggota Komisi VII DPR RI.

Menurut Mukhtar, kekayaan budaya sebenarnya merupakan aset berharga bagi bangsa jika dikelola dengan baik. Kebudayaan merupakan unsur determinan maju atau mundurnya suatu bangsa. “Oleh karena itu, kita harus mampu merawat keanekaragaman budaya yang kita miliki,” tandasnya.

Untuk merawat keragaman, Mukhtar mengajukan beberapa strategi, seperti strategi penyerbukan budaya, gerakan kewirausahaan sosial, gerakan parlementer baru, dan gerakan sosial baru.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Fraksi Partai Hanura MPR RI Capt. H. Djoni Rolindrawan. Narasumber lain yang turut hadir adalah Ketua Umum Satuan Pelajar Mahasiswa (Sapma) Hanura Muhammad Pradana Indraputra, Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI Angelo Wake Kako, dan Aktivis Pemuda Ariyanto. (uc2)

Komentar Pembaca