Musypimda Muhammadiyah, Tetapkan 28 Calon Tetap

0
100

Inspiratifnews.com, Pinrang-Sehari sebelum pembukaan Musyawarah Daerah Muhammadiyah XVIII telah dilaksanakan Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) Muhammadiyah Pinrang dengan agenda pemilihan dan penetapan calon tetap Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan penetapan agenda Musyda Muhammadiyah.

Musypinda tersebut dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan Ustadz Saiful Saleh, PD Muhammadiyah Pinrang Drs. Sakri Condeng, M. Si, Ketua Panitia Pemilihan Andi Syamiluddin, S. Pd, M. PdI, Ketua Tim Pengarah Pasaddai, S. Pd, PD Pemuda Muhammadiyah, PD Nasyiatul Aisyiyah, PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Pimda Tapak Suci Putera Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Kabupaten Pinrang bertempat di hotel Syariah Atiqa Pinrang (6/2/2016).

Andi Syamiluddin mengatakan bahwa setelah panitia pemilihan melakukan verifikasi berkas dan pengembalian formulir kesiapan mencalonkan diri dari ke-62 bakal calon yang telah diusulkan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Ortom tingkat Daerah, maka panitia menetapkan calon sementara sebanyak 28 orang.

“Musypimda Muhammadiyah malam hari ini akan menetapkan dari ke-28 calon sementara tersebut menjadi calon tetap, tetapi sebelum ditetapkan kami sampaikan bahwa ada beberapa calon yang terkendala pada aturan AD & ART Muhammadiyah pasal 15 ayat 1 bagian F, G & H tentang rangkap jabatan dalam amal usaha dan partai politik. Panitia Pemilihan telah mengirim surat ijin kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah pertanggal 28 Januari 2016 terhadap beberapa calon tersebut, namun sampai hari ini belum ada jawabannya”, ungkap Andi Syamiluddin.

Musypimda berjalan secara sangat alot sampai kemudian peserta mengusulkan semua calon yang melanggar AD & ART dianulir pencalonannya, sehingga calon yang tersisa untuk ditetapkan menjadi calon tetap yaitu 20 orang, dan ada juga yang mengusulkan tetap menyesuaikan kearifan lokal (local wisdom) yang ada di Kabupaten Pinrang.

Saiful Saleh selaku PW Muhammadiyah Sulawesi Selatan mencoba menengahi dan memberikan saran untuk tetap sesuaikan kearifan lokal yang ada sekiranya peserta Musypim menyepakatinya.

“Inilah bedanya kita di Muhammadiyah dengan ormas-ormas lainnya, yaitu adanya Musyawarah Pimpinan sebelum Musyawarah Daerah atau Wilayah itu berlangsung. Jadi apapun keputusan Musypimda malam hari ini, itulah yang akan dibawa ke Musyda besok dan semua akan terima”, jelas Saiful Saleh.

Pada akhirnya, pimpinan rapat dan peserta menyepakati 1 dari 2 opsi yang ada yaitu menyetujui ke-28 calon sementara menjadi calon tetap dengan catatan, calon dari ketua parpol tidak bisa menjadi Ketua PDM meskipun memiliki suara terbanyak dalam formatur 9 nantinya. Formatur 9 itulah nantinya yang akan menentukan Ketua PDM Pinrang periode 2015-2020.

Citizen Reporter; Sulaiman Mamma

Komentar Pembaca