Ngajar Teman Sendiri, B3 Alternatifnya

0
51

Inspiratifnews.com – Makassar –Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Abrar Kota Makassar merupakan salah satu madrasah yang telah menerapkan penggunaan buku besar atau big book (B2) dan buku bacaan berjenjang (B3) dalam proses pembelajaran, khususnya pada metode membaca berimbang. Membaca berimbang sendiri memiliki tiga strategi yaitu membaca bersama, membaca terbimbing dan membaca mandiri. Ketiga strategi tersebut telah terbukti dapat menumbuhkan minat baca dan antusiasme siswa dalam belajar termasuk mengajar teman sendiri (tutor sebaya), (2/4/2016).

 

Hj. Sri Eny Marlina Sulastri, S.Pd., S.Pd. I adalah guru kelas 1 MI Al-Abrar sekaligus sebagai fasilitator daerah (fasda) program buku bacaan berjenjang (B3) Kota Makassar. Sejak dia mengenalkan B2 dan B3, minat baca siswa-siswinya semakin tumbuh, bahkan yang belum lancar membaca pun, tetap berusaha untuk tahu dengan meminta bantuan teman untuk mengajarinya atau yang biasa dikenal dengan istilah tutor sebaya.

 

Pekan lalu, berbeda dari hari biasanya di madrasah saya, karena hari itu ada pengawas datang khususnya kelas saya untuk supervisi. Setelah supervisi berakhir, dan bel istirahat sudah berbunyi, saya mengarahkan siswa untuk istirahat tetapi mereka tidak beranjak dari tempat duduknya. Tanpa saya sadari, ternyata mereka mengambil buku B3 yang ada di pojok baca, kata Eny.

 

“Hari itu karena sedikit sibuk persiapan supervisi, saya tidak melakukan program membaca sebelum pembelajaran, akhirnya siswa-siswiku mengambil inisiatif sendiri untuk membaca, dan yang lebih menakjubkan lagi, ternyata beberapa siswa melakukan pembelajaran tutor sebaya bagi siswa yang belum lancar membaca dengan menggunakan B3,” ungkap Eny.

 

Dalam pengakuannya, Eny salut bercampur kesan, karena program tutor sebaya belum ia programkan untuk buku bacaan berjenjang, tetapi beberapa siswanya sudah mendahului melakukannya. “Memang semenjak saya mengenalkan B2 dan B3, meskipun sudah jam istirahat saya tidak meninggalkan kelas karena masih banyak siswa yang butuh bimbingan. Meskipun saya meninggalkan kelas ujung-ujungnya mereka mencari saya dan mengajak kembali ke kelas,” tambahnya.

 

Citizen Report : Sulaiman

 

Komentar Pembaca