Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar di Atas Angin

0
11

Inspiratifnews – Pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) sedang di atas angin pasca NasDem berkoalisi Golkar. Kekuatan infrastruktur partai menjadi senjata ampuhnya.

Tercatat, ada 9 bupati/wali Kota yang berstatus kader Golkar saat ini, dan 5 wakil. Sementara NasDem, punya 3 kepala daerah dan 7 wakil.
Jika kekuatan itu digabungkan, ada 7 daerah yang Bupati/Wali Kota-Wakil Bupati/Wakil Wali Kota yang berasal dari dua parpol koalisi pemerintah tersebut.
Yaitu Rusdi Masse-Dolla Mando (Sidrap), Taufan Pawe-Andi Fasial Sapada (Pare-pare), Judas Amir- Akhmad Syarifuddin (Palopo), Andi Fashar Padjalangi-Ambo Dalle (Bone), Thoriq Husler- Bachri Syam (Luwu Timur), Muslimin Bando-Amiruddin (Enrekang). Terkecuali Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Takalar) yang akan berakhir pada Oktober mendatang.
“Koalisi Golkar dan Nasdem di Pilgub mudah untuk direalisasikan sebagai turunan dari koalisi nasional,” kata Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad, pada Jumat (8/9/2017).

Katanya, jaringan kader dua parpol tersebut, terutama yang bertengger di tampuk kekuasaan tentu akan turut berkontribusi besar dalam suksesi nantinya.
Sementara itu, Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus menyebut, kekuatan Golkar-NasDem yang menyokong NH-Aziz akan jadi momok yang mengancam bagi kandidat lawan.
“Dengan Nasdem, Golkar semakin bisa mewujudkan penguasaan totalnya pada daerah basis karena Nasdem bisa melengkapi penguasaan Golkar yang banyak mengontrol kepala daerah sementara Nasdem banyak mengontrol wakil kepala daerah,” jelasnya.

loading...

Kuncinya, lanjut eks Ketua KPU Makassar ini, ada pada kemampuan kedua parpol ini mengorganisir kelebihan itu. “Mereka harus punya terobosan cerdas untuk menyatukan banyak kekuatan-kekuatan mereka di daerah untuk dikonversi menjadi kemenangan mutlak,” pungkas Nurmal.
Berikut Daftar Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kader Golkar dan NasDem di Sulsel:
GOLKAR
Syamsuddin Hamid (Bupati Pangkep), Taufan Pawe (Wali Kota Parepare), Muslimin Bando (Bupati Enrekang), Thoriq Husler (Bupati Luwu Timur), A Fahsar Padjalangi (Bupati Bone), A Kaswadi Razak (Bupati Soppeng), A Burhanuddin Unru (Bupati Wajo), Basli Ali (Bupati Selayar), Burhanuddin Baharuddin (Bupati Takalar), Muh Darwis Bastama (Wakil Bupati Pinrang), Akhmad Syarifuddin (Wakil Wali Kota Palopo), Natsir Ibrahim (Wakil Bupati Takalar), Dollah Mando (Wakil Bupati Sidrap) dan Victor Datuan Batara (Wakil Bupati Tana Toraja),
NASDEM
Rusdi Masse (Bupati Sidrap), Judas Amir (Wali Kota Palopo), Suardi Saleh (Plt Bupati Barru), Faisal Andi Sapada (Wakil Wali Kota Parepare), Amiruddin (Wakil Bupati Enrekang), Irwan Bachri Syam (Wakil Bupati Luwu Timur), M Yasin (Wakil Bupati Bantaeng), Harmil Mattotorang (Wakil Bupati Maros), Yosia Rinto Kadang (Wakil Bupati Toraja Utara), Thahar Rum (Wakil Bupati Luwu Utara).

(Sumber : Rakyatku.com)

Editor : Ana

BAGIKAN

Komentar Pembaca