Oka Aurora Garap Film Silariang

0
246

Inspiratifnews.com – Makassar, Salah satu penulis skenario yang cukup produktif saat ini adalah Oka Aurora. Dalam beberapa tahun belakangan, perempuan berjilbab ini telah menyelesaikan sejumlah skenario, diantaranya “12 Menit: Kemenangan Untuk Selamanya” [dibintangi Titi Rajobintang], “Hijabers in Love” [diperankan Andania Suri dan Shawn Adrian Khulafa]dan “Strawberry Suprise” [dimainkan Reza Rahadian dan Acha Septriasa]. Untuk proyek film terbarunya tahun ini, Oka ditantang untuk menulis skenario film tentang silariang.

Fenomena silariang atau kawin lari terhitung cukup asing bagi perempuan berdarah Padang yang lahir dan besar di Jakarta ini. Namun tentu saja tantangan adalah bagian paling menarik dari pekerjaan menulis skenario itu sendiri.

Produser Ichwan Persada yang memberikan tantangan itu pada Oka yang sebelumnya sudah bekerjasama dengannya di “Hijabers in Love” pada tahun 2014. “Di setiap karya, tentu saja kita ingin menantang diri kita sendiri.

Di proyek film terbaru saya kali ini, sesungguhnya skala produksinya terhitung kecil, namun kami tetap berupaya maksimal. Dengan segala keterbatasan yang kami punya, saya menantang Oka untuk mengeksplorasi fenomena silariang agar tetap relevan dengan kondisi terkini.

Tema ini memang sangat menarik karena terkait dengan banyak elemen, seperti sosio-kultural misalnya. Dan jadi peluang bagi kami untuk kembali mempelajari adat istiadat Bugis Makassar yang mungkin belum terlalu banyak diekspos di layar lebar, “jelas pria kelahiran Makassar tersebut.

Oka sendiri mengaku cukup tertarik dengan tema silariang ini. “Saya diminta mengembangkan cerita asli yang sudah dibuat oleh Daeng Ichwan.

Problematikanya sudah menarik tentang cinta terlarang dan kami tentu saja perdalam dengan sejumlah elemen seperti hubungan keluarga dan persahabatan. Memang sangat menantang mengembangkan suatu hal yang saya sendiri untuk pertama kalinya baru tahu.

Dan syukurnya karena meski kapasitas produksi terbatas, namun saya tetap diberi kesempatan untuk melakukan riset langsung ke Makassar, “ ujar peraih predikat Penulis Skenario Terpuji Festival Film Bandung 2014 itu panjang lebar.

Rencananya tim produksi “Silariang” akan bertolak ke Makassar pada pekan depan untuk memulai riset cerita sekaligus penjelajahan lokasi di Makassar dan di salah satu kota kabupaten lainnya. Ichwan memperkirakan penulisan skenario akan menempuh waktu sekitar 2 bulan.(*)

Komentar Pembaca