Pangdam dan Kapolda Meninjau Pilkada Serentak

0
127

Inspiratifnews.com – Makassar, Rabu, 15 Pebruari 2017 rakyat Indonesia serentak menggelar pesta demokrasi dalam wujud pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Sesuai dengan amanat undang-undang, pemilihan pemimpin di suatu daerah dilakukan dengan cara pungutan suara langsung. Hal ini tentu saja melibatkan langsung masyarakat dalam menentukan sosok pemimpin yang akan menahkodai suatu daerah dalam kurun waktu satu periode jabatan.

Pilkada yang dilaksanakan dengan pungutan suara langsung memiliki nilai positif yakni cerminan demokrasi Pancasila yang langsung, umum, bebas, menjamin rahasia, jujur dan adil. Namun, kelebihan metode tersebut bukan tanpa resiko, sebab dengan melibatkan rakyat secara langsung maka kemungkinan terjadinya gesekan antar kelompok pendukung calon akan semakin besar. Oleh sebab itu? peranan TNI dan Polri untuk menjaga dan mengawal pelaksanaan Pilkada agar berjalan dengan aman, lancar dan damai sangat dibutuhkan.

Sebagaimana yang terjadi di Takalar, salah satu daerah dari 76 kabupaten di Indonesia yang menggelar coblosan Pilkada. Pangdam Wirabuana Mayjen TNI Agus S.B dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono beserta masing-masing jajarannya meninjau langsung dari dekat warga Takalar sampai kepelosok kampung pada saat melaksanakan pencoblosan. Diantara 351 tempat pemungutan suara (TPS) di Takalar, beberapa TPS yang dikunjungi diantaranya TPS yang berada di Batu-batu, TPS Beba di Desa Tamasaju Galesong Utara, dan TPS yang berada di Kalukuang, TPS di Mapakalompo serta TPS di Palalakang Galesong, Takalar. Pemungutan suara dengan total pemilih 205. 418 berjalan dengan aman dan damai berkat penjagaan dari aparat TNI-Polri di tiap-tiap TPS.

Mayjen TNI Agus S.B menyampaikan rasa terima kasih atas kerja keras anak buahnya di lapangan dan terus menekankan untuk selalu mempedomani netralitas TNI. Apresiasi juga diberikan kepada masyarakat yang semakin bijak dalam menyikapi perbedaan pilihan, sehingga Pilkada terhindar dari konflik yang tidak perlu terjadi. Pangdam Wirabuana meninjau beberapa lokasi didampingi oleh Danrem 141/Toddopuli Kolonel Kav Yotanabey, Asops Kolonel Inf Thevy Zebua, dan Kapendam Kolonel Inf Drs. Alamsyah, MSi. Pangdam berharap penyelenggaraan Pilkada serentak di wilayah Kodam Wirabuana yang terdiri dari 1 provinsi yaitu Sulbar, 1 kota yaitu Kendari dan 7 kabupaten berjalan dengan aman dan lancar. (*)

Komentar Pembaca