Pekerja Non Formal Tidak Tercover, MP BPJS Ketenagakerjaan Buka Posko Pengaduan Hingga Desa

0
131

Inspiratifnews.com – Makassar, Masyarakat Peduli (MP) BPJS kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan membuka posko pengaduan di wilayah Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, ide awal lahirnya pembukaan posko ini mengingat kepesertaan kedua lembaga BPJS tersebut belum mengcover 255 juta jumlah penduduk Indonesia.

Hal ini terungkap, saat sosialisasi program peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, dan Rapat Koordinasi Wilayah Masyarakat Peduli Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (RAKORWIL MP BPJS) Sulawesi-Maluku-Maluku Utara, di Hotel Horison Ultima, Minggu 29 April 2017.

Mereka yang hadir dalam Sosialisasi dan Rakorwil yakni Kordinator Wilayah (KORWIL) MP BPJS Sulawesi – Maluku – Maluku Utara, Irwan Azhari dan Kordinator Nasional (KORNAS) MP BPJS Hery Susanto, serta Kepala Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Asri Basir.

Dijelaskan Hery Susanto, bahwa MP BPJS sejak didirikan tahun 2015 lalu, sudah terdapat 11 korwil untuk BPJS Ketenagakerjaan dan 16 Korwil untuk BPJS Kesehatan atau sesuai dengan wilayah kerja masing – masing BPJS. Sebagai mitra pemerintah, kami hadir untuk melakukan kerja – kerja sosial dalam membantu BPJS memenuhi target kepesertaan baik BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan, ungkap Hery selaku staff ahli Fraksi Partai Gerindra.

MP BPJS menyadari, 4000 pegawai BPJS sementara peserta BPJS Ketenagakerjaan. belum mampu mengkover target 50 juta kepesertaan, sementara BPJS saat ini baru melayahi 20 juta peserta formal. Dari data internal BPJS Ketenagakerjaan terdapat 10 % pekerja non formal yang belum tercover, untuk itu MP BPJS akan membuka posko pengaduan hingga kedesa – desa.

BPJS Ketenagakerjaan pun menyambut baik dan sangat mengapresiasi kehadiran MP BPJS Korwil Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan pada awak media.

“Kehadiran MP BPJS, sangat membantu BPJS Ketenagakerjaan untuk mendata para pekerja non formal yang berada di pedesaan. Semoga MP BPJS dan Kami bisa terjalin dengan baik sesuai apa yang diharapkan”, pungkas Asri Basir. (*)

Komentar Pembaca