Pembiayaan Perbankan Syariah Tumbuh 2,94 Persen

0
116
Direktur Eksekutif Bank Indonesia Perwakilan Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat memberikan penjelasan pertumbuhan ekonomi Sulsel, (2/2/2017).

Inspiratifnews.com – Makassar, Ditahun 2016 Pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah di Sulawesi Selatan mengalami pertumbuh 2,94% (yoy), pertumbuhan pembiayaan ini seiring meningkatnya kebutuhan konsumsi dan modal kerja oleh masyarakat di Sulawesi Selatan.

Hal ini dijelaskan Direktur Eksekutif Bank Indonesia Perwakilan Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat, bahwa tercatat besaran pembiayaan mencapai Rp. 5,85 trilliun total pembiayaan perbankan syariah pada desember 2016 khusus di Sulawesi Selatan, setelah disurvei internal Bank Indonesia tercatat pertumbuhan pembiayaan tertinggi oleh pembiayaan konsumsi sebesar 5,17 % (yoy), diikuti pembiayaan modal kerja (4,48%), tutur wiwiek.

Tetapi, kata wiwiek, disisi lain pembiayaan investasi mengalami kontraksi sebesar -4,90%, yang didorong oleh penurunan kredit investasi pada lapangan usaha real estate, usaha persewaan, dan jasa perusahaan serta pertambangan dan penggalian, imbuh wiwiek saat prescon di fireflies pattimura, kamis 2 February.

Sementara berdasarkan lapangan usaha, pertumbuhan pembiayaan tertinggi tercatat pada lapangan usaha jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 177,34 %, diikuti oleh lapangan usaha jasa perseorangan sebesar 98,04% disusul lapangan usaha konstruksi sebesar 71,86 %, terang wiwiek.

Berbanding jauh dengan penyaluran kredit perbankan konvensional yang tumbuh sebesar Rp.103,89 trilliun sehingga tumbuh sebesar 9,38%. Makassar memberikan konstribusi penyaluran kredit paling tinggi dari seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan yakni 65,81%, diikuti Parepare dan Palopo masing – masing 4,98% dan 3,32%. dari total aset yang dimiliki perbankan sulsel sebesar. (*)

Komentar Pembaca