Pemerintah Desa Patti’di Tingkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak

0
111

Inspiratifnews.com-Mamuju Dalam rangka menekan angka kematian ibu dan bayi serta kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan, pemerintah Desa Patti’di Kec. Simboro Kab. Mamuju mengadakan pertemuan kemitraan Bidan dan Dukun melalui Dana Desa Tahun Anggaran 2015 Rabu (6/1/2016).

Dalam sambutannya Pj.Kades Patti’di Muh. Ridwan, SE., MSi mengatakan “kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan akses ibu dan bayi terhadap pelayanan kebidanan berkualitas serta meningkatkan rujukan persalinan, serta alih peran dukun dari penolong persalinan menjadi mitra bidan dalam merawat ibu nifas, dan bayinya”.

Hadir sebagai pembicara Kabid Kesra Dinas Kesehatan Kab. Mamuju Hj. Syamsiah S. ST menjelaskan di dalam kemitraan Bidan dengan Dukun bayi mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing. “Oleh sebab itu perlu di beri pengertian bahwa peran dukun bayi tidak kalah penting di bandingkan perannya dahulu” Ujar cia sapaan akrab beliau

Lebih lanjut Kabid Kesra tersebut mengatakan di dalam konsep kemitraan bidan degan dukun, dukun bayi perlu di berikan wawasan dalam bidan kesehatan ibu dan bayi yang baru lahir, terutama tentang tanda bahaya pd kehamilan, persalinan dan nifas serta persiapan yang harus di lakukan oleh keluarga dalam menyongsong kelahiran bayi, tambahnya

Hadir juga sebagai pembicara Kasi Dinas Kesehatan Kab. Mamuju A. Suidhan AT, SKM. M.Kes, beliau mempertegas UU No.35 Pasal 126 serta rencana strategis yakni peningkatan alokasi dan realisasi anggaran program kesehatan ibu dan anak, pembenahan struktur dan peningkatan kemampuan petugas (AMP, APN dll) pendistribusian tenaga pada pustu pustu, polindes di smua wilayah.

Kegiatan ini dilaksanakan di kantor desa pati’di yg di hadiri sekitar 75 peserta dr bidan,dukun serta unsur dr berbagai kalangan.

Komentar Pembaca