Pemimpin Negara Asean Ngumpul di Amerika Serikat

0
36

Inspiratifnews.com-Kepala negara-negara di Asia Tenggara yang tergabung dalam komunitas ASEAN, telah hadir dalam KTT Amerika Serikat-ASEAN di California.

Dalam KTT yang diadakan 15 hingga 16 Februari 2016 di Sunnyland, AS tersebut, para pemimpin negara nantinya akan membahas mengenai berbagai isu seperti perdagangan, ekonomi, pencegahan terorisme dan keamanan.

KTT ini dimaksudkan untuk memperkuat hubungan antara wilayah Asia dan Pasifik, khususnya ASEAN dan Amerika Serikat.

“Kami telah banyak melakukan kerja sama dengan ASEAN selama tujuh tahun terakhir, dan kami ingin kedekatan kami semakin kuat,” ungkap Wakil Penasihat Keamanan Nasional AS Ben Rhodes, seperti dilansir dari Channel News Asia, Senin (15/2).

Dalam kesempatan kali ini, Rhodes mengungkapkan isu-isu penting global lainnya seperti stabilitas dan perdamaian dunia juga akan dibahas. Penasihat Keamanan Nasional AS, Susan Rice, juga akan mendampingi Obama saat bertemu dengan kepala negara.

Dalam akhir konferensi ini, akan dibuka juga sesi diskusi mengenai masalah teritorial Laut China Selatan yang menjadi rebutan beberapa negara ASEAN dengan China.

Presiden Indonesia Joko Widodo sendiri telah tiba di California, setelah menempuh perjalanan udara selama hampir 23 jam dari Jakarta. Didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Presiden Jokowi bertemu dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Amerika Serikat Budi Bowoleksono, serta Kepala Asisten Protokoler AS, Gladys Boluda.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi ditunjuk langsung oleh Obama untuk memimpin diskusi mengenai pencegahan terorisme. Alasannya karena Indonesia memiliki banyak pengalaman dalam menghadapi terorisme yang selama ini terjadi di Tanah Air.

merdeka.com

Komentar Pembaca