Pemimpin Visioner Sesuai Kebutuhan Zaman

0
160

Pemimpin Visioner Sesuai Kebutuhan Zaman

(Catatan Jelang Musycab XXVI IMM Kota Makassar)

Oleh : Jusman Basyam*

Inspiratifnews.com-Opini Visioner dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang memiliki khayalan atau wawasan kedepan. Dalam artian bahwa seseorang yag dikatakan visioner adalah seseorang yang punya visi-misi yang jelas untuk kedepannya, telah mempersiapkan dirinya untuk menyongsong masa depan dan telah siap menanggung segala konsekuensinya apa yang akan terjadi kedepannya. Inilah sosok pemimpin visioner yg saya maksud, ibarat peribahasa mengatakan siapkan payung sebelum hujan. 

Dalam bukunya “Revolusi Dari Secangkir Kopi” karangan Didik Fortunadi mengatakan bahwa seorang pemimpin harus dua kali lipat lebih pintar dari yg dipimpinnya dan tidak boleh lima kali lipat lebih pintar dari yang di pimpinnya. Artinya apa, seorang pemimpin punya tugas dan tanggung jawab yang besar dari yang di pimpinnya dan selalu dituntut utk tampil survive disegala sisi dan sebagai solusi dalam setiap persoalan yang di hadapi. Makanya dibutuhkan seorang pemimpin yg visioner senantiasa mampu membaca tanda-tanda zaman. Tanda-tanda zaman yang saya maksud adalah seorang pemimpin harus mampu membaca situasi dan kondisi masa kini dan masa yang akan datang agar tidak tergilas oleh zaman yang semakin membabi buta.

Sehingga ketika seorang pemimpin sudah mampu membaca tanda-tanda zaman, maka ia akan mempersiapkan secara matang-matang dan tidak akan gentar dalam menghadapi tantangan zaman kedepannya.

Meminjam ungkapan dari “Leonardo Da Vinci” mengatakan bahwa orang-orang yang akan berhasil kedepannya adalah orang-orang yang mampu membaca tanda-tanda zaman. Ketika menginginkan seorang pemimpin yang berhasil, maka jadilah pemimpin yang mampu membaca tanda-tanda zaman, sehingga ia akan bergerak sesuai dengan kebutuhan sekaligus tuntutan zaman.

Maka dari itu, degan momentum perhelatan Musyawarah Pimpinan Cabang (Musycab) XXVI IMM Kota Makassar yang tinggal menghitung hari kedepannya, maka saya mengajak kepada seluruh kader IMM Se-Kota Makassar untuk bersama-sama mensukseskan agenda besar ini, sekaligus sebagai ajang silaturahim dan sebagai ajang untuk mengkonsilidasi ide dan gagasan-gagasan yang konstruktif untuk pimpinan cabang kedepannya.

Sekaligus berharap di musyab nantinya akan lahir sosok pemimpin-pemimpin visioner yang akan mampu membawa dan mengangkat eksistensi IMM baik di internal maupun eksternal melalui tindakan atau gerakan nyata.

*Ketua Umum Pikom IMM Pertanian Unismuh 2014-2015

Komentar Pembaca