Pemkab Luwu Timur Serahkan 79.786 KIS

0
20

Inspiratifnews.com-Luwu Timur Komitmen Pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di daerahnya dibuktikan dengan diserahkannya 79.786 Kartu Indonesia Sehat (KIS) Program Cakupan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) oleh Bupati Luwu Timur, H. Muh. Thorig Husler yang kepada 11 Camat dan 1 perwakilan tokoh masyarakat, Senin (18/09/2017).

Dengan diserahkannya 79.786 Kartu Indonesia Sehat secara simbolis tersebut di Gedung Wanita Simpurusiang, Malili, Kabupaten Luwu Timur telah memenuhi 90 persen target program UHC Tahun 2017 sebanyak 88.480 jiwa warganya yang ditargetkan memiliki jaminan kesehatan.

Dalam kesempatan itu Husler menginstruksikan agar jumlah penduduk Kabupaten Luwu Timur segera divalidasi kembali agar semua warga dapat menjadi peserta jaminan kesehatan nasional – kartu Indonesia sehat JKN-KIS. “Saya harap camat bersama kepala desa dan lurah ikut turun tangan memvalidasi data dan secepatnya diserahkan kepada BPJS Kesehatan” ujar Husler saat memberikan sambutannya.

Husler juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Kesehatan telah mengusulkan ke DPRD alokasi anggaran sebesar 8 milliar rupiah untuk pembayaran an
penerima bantuan iuran (PBI) anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) murni untuk UHC atau cakupan semesta.

Program Kesehatan Gratis memang masuk dalam RPJMD sebagai salah satu misi Pemerintahan H. Muh. Thorig Husler – Irwan Bachri Syam. selama mereka memimpin Luwu Timur. Komitmen tersebut diwujudkan melalui pengintergrasian program JKN-KIS dan Jamkesda.

Editor : Ana

Komentar Pembaca