Pemuda Maros Raih Beasiswa Kampus Bergengsi di Inggris

0
121

Inspiratifnews.com-Maros, Pemuda asal Desa Je’netaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros, Muh Hasbi tak menyangka menjadi salah satu penerima beasiswa bergengsi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk program megister luar negeri setelah melalui berbagai tahapan seleksi ketat dengan ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Muh Hasbi
Putra Maros Berprestasi, Muh Hasbi. (Ist.)

Berdasarkan Keputusan Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), anak kedua dari tiga bersaudara ini akan melanjutkan studi pada Jurusan Computer Science di University of Edinburgh, Skotlandia, Inggris.

Universitas tersebut merupakan almamater Thomas Alfa Edison (Penemu Bola Lampu), Charles Darwin (Teori Evolusi) dan Alexander Graham Bell (Penemu Telepon). Menurut QS World University Rank tahun 2014, universitas ini merupakan universitas terbaik ke-17 dunia.

Data dari UK Government menyebutkan, universitas yang didirikan tahun 1854 ini adalah universitas terbaik di Inggris dan di benua Eropa untuk Jurusan Computer Science. Hasbi akan memulai kuliahnya dan berangkat ke Inggris bulan September mendatang.

Sebelumnya, pada tahun 2014, Hasbi pernah mewakili Indonesia di Putrajaya Malaysia dalam ajang NLC 2014 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Multimedia Malaysia (KKMM).

Sejak kuliah di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar, Hasbi tertantang pada pengembangan OpenBTS untuk daerah-daerah terpencil yang sebagian besar belum memiliki akses jaringan telekomunikasi.

“Teknologi ini tak jauh beda dengan teknologi telekomunikasi pada umumnya, bedanya OpenBTS merupakan implementasi jaringan telekomunikasi sederhana yang dibangun dan di program sendiri sehingga harga relatif murah, bahkan gratis untuk melakukan panggilan telepon dan SMS,” paparnya, Sabtu (12/3/2016).

Selain OpenBTS, dia juga perlahan mengembangkan e-Mobile untuk kemajuan dan transformasi di bidang pendidikan yang terintegrasi dengan OpenBTS di daerah terpencil. (ish)

Komentar Pembaca