Pengajian Bulanan STKIP Muhammadiyah Enrekang, Ini Yang Di Bahas

0
85

Inspiratifnews.com-Enrekang Ratusan civitas akademika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Enrekang memadati Pendopo Rumah Jabatan Bupati Enrekang dalam agenda kegiatan Pengajian Bulanan yang dilaksanakan oleh Pusat Pengkajian dan Pengambangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (P3AIK) STKIP Muhammadiyah Enrekang, Sabtu (07/10/17).

Ketua P3AIK, Drs. Kamaruddin Sita, M.Pd.I dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan realisasi dari program kerja yang telah disusun P3AIK pada rapat kerja beberapa pekan lalu.

“pengajian bulanan ini sebagai program terpadu dengan melibatkan seluruh sivitas akademika STKIP Muhammadiyah Enrekang yang konsen pada pendalaman Al Islam Kemuhammadiyahan” ungkapnya.

Pengajian perdana yang diselenggarakan oleh P3AIK ini dihadiri oleh BPH, Pimpinan, Dosen, Staf dan juga mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang.

Sedangkan hadir sebagai narasumber adalah Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan yakni Dr. Abdullah Renre, M. Agselaku Koordinator Majelis Tarjih dan Tajdid

Abdullah Renre, dalam tausiyahnya membahas persoalan kontemporer yang terkait dengan masalah thaharah dan shalat dengan menggunakan pendekatan Himpunan Putusan Tarjih (HPT) Muhammadiyah.

“Saat ini banyak warga muhammadiyah yang dalam praktek ibadahnya tidak lagi berpedoman pada HPT muhammadiyah, mereka terkesan meniru-niru praktek ibadah yang dilakukan orang lain dan mengacuhkan apa yang telah digariskan oleh muhammadiyah dalam HPT” terangya.

Bagi muhammadiyah, pedoman beribadah sudah sangat jelas yakni Al-Qur`an dan Hadits Maqbula namun karena ketidakpahaman dan kurangnya motivasi untuk mempelajari islam menurut paham muhammadiyah sehingga memicu terjadinya pembiasan praktek-praktek ibadah yang dilakukan oleh warga persyarikatan, tambah dosen UIN Alauddin Makassar.

Melalui forum pengajian rutin ini, nantinya akan dilakukan pengkajian secara mendalam dan berkelanjutan tentang Al Islam dan Kemuhammadiyah sehingga diharapkan seluruh sivitas akademika STKIP Muhammadiyah Enrekang bisa memahami dan mampu mempraktekkan cara beribadah menurut Himpunan Putusan Tarjih (HPT) Muhammadiyah.

Mengakhiri acara pengajian, Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang Drs. Yunus Busa, M.Si. menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh hadirin yang telah hadir meramaikan acara pengajian serta tidak lupa memberikan apresiasi dan pujian kepada P3AIK yang sangat progres dalam merealisasikan program kerjanya. (uc2)

Komentar Pembaca