Pengemudi Online Bentuk Koperasi POM

0
253

Inspiratifnews.com – Makassar – Ditengah Bisnis Online yang berkembang saat ini, begitupun juga dengan layanan jasa online yang marak seperti Ojek Online dan Taksi Online. Para pelaku pengemudi online pun turut membentuk infrastruktur guna mendukung profesi pengemudi online.

Hal inilah, yang melatarbelakangi terbentuknya organisasi Driver Online Makassar (DOM) bertempat di CCR Toddopuli, Minggu (26/3). Mereka pada umumnya berasal dari pengemudi GRAB dan GOJEK di Makassar telah melangsungkan Musyawarah Besar (Mubes) DOM #1.

DOM hadir, merujuk pada peraturan menteri yang sesuai revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 32 tahun 2016, tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek.

“Kami ingin eksis, dan meminta perhatian pemerintah terhadap pengemudi online agar dapat bersinergi ditengah kemelut yang ada, antara pengemudi online dan pengemudi konvensional guna mencarikan solusi bersama”, ungkap Ashari Wakil Ketua 1 DOM.

Lebih lanjut kata Ashari, Keberadaan DOM, akan ditunjang oleh adanya Koperasi Pengendara Online Makassar (POM). Hal ini berguna untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota DOM, paparnya pada awak media.

Untuk saat ini, pengemudi online hanya melayani dalam jarak yang terbatas sebab Signal pada aplikasi pengemudi online hanya mencapai 70 km, sementara anggota DOM masih 117 orang. Dan diharapkan, kehadiran DOM ini dapat melindungi sesama pengemudi online dalam bekerja.

Pada Mubes DOM #1, juga dibentuk Koperasi Pengendara Online Makassar (POM), dimana struktur pengurusnya terdiri dari ketua Muhammad Ramadhan, Sekretaris Ahmad Hidayat, dan Bendahara Dian Yudi Yanti, setiap anggota POM akan membayar iuran Rp.50.000,- untuk menjadi anggota koperasi. (*)

Komentar Pembaca