Perca Makassar Sosialisasi UU Perkawinan Campuran

0
133

Inspiratifnews.com – Makassar, Perkawinan yang dilangsungkan di luar Indonesia antara seorang WNI dengan seorang WNA adalah sah bilamana dilangsungkan menurut hukum yang berlaku di negara di mana perkawinan itu dilangsungkan. Dan bagi WNI tidak melanggar ketentuan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, sebagaimana diatur dalam pasal 56 ayat 1 yang berbunyi:

“Perkawinan di Indonesia antara dua orang warganegara Indonesia atau seorang warganegara Indonesia dengan warga negara Asing adalah sah bilamana dilakukan menurut hukum yang berlaku di negara dimana perkawinan itu dilangsungkan dan bagi warganegara Indonesia tidak melanggar ketentuan Undang-undang ini”

Terkait UU diatas, Talkshow Masyarakat Perkawinan Campuran (PERCA) Indonesia dirangkaikan dengan Launching Sahabat Perca Indonesia cabang makassar digelar di hotel four points by Sheraton makassar, Senin 24 Oktober 2016.

Ada 5 narasumber yang hadir pada talkshow Perca Indonesia cabang makassar yang mewakili beberapa instansi, mereka adalah kantor Imigrasi kelas 1, dinas tenaga kerja, dinas kependudukan dan catatan sipil, kantor urusan agama, dan badan pertahanan nasional.

Menurut Juliani Luthan, kegiatan kami pada hari ini adalah bentuk sosialisasi dan memberikan pemahaman tentang perkawinan campuran. Dia juga mengatakan kalau keanggotaan di organisasi yang dipimipinnya telah mempunyai 1140 anggota tersebar di seluruh Indonesia, tutur ketua umum Maperca Indonesia ini.

Sebagai tindak lanjut dari program Maperca, pihaknya juga telah membentuk komunitas Sahabat Perca Indonesia cabang makassar. Nantinya, kata Juliani, kedepan akan mengadakan kegiatan sosial di kota makassar mengingat jumlah anggota komunitas Sahabat Perca Indonesia meningkat seiring maraknya masyarakat melakukan perkawinan campuran, tutup juliani. (*)

Komentar Pembaca