AN, Perempuan dan Politik Sulsel

1
25

AN, Perempuan dan Politik Sulsel

Oleh: Zakiah Nur Khalidah*

Inspiratifnews.com – Opini, Dalam situasi saat ini telah menunjukkan keberadaan perempuan yang patut untuk diperhitungkan di mana perempuan turut andil dalam bergabagai kegiatan, contohnya saja menjadi seorang pemimpin. Tentunya ini berlaku bagi perempuan yang memahami makna politik itu dan beranggapan pentingnya perempuan berkecimpung di dalamnya, dalam rangka perhelatan politik di Sulawesi-Selatan yang dilaksanakan 5 tahun sekali rupanya kandidat yang akan ikut andil datang dari kader partai Demokrat ialah Andi Nurpati mewakili kaum perempuan, sosok tersebut akan ikut mewarnai pesta demokrasi di pilgub sulsel 2018 mendatang. Tentunya hal ini merupakan kabar gembira dan semoga menuai dukungan dan semangat tentunya apalagi dari kaum hawa.

Jangan berfikir bahwa hal lazim itu biasanya hanya dilakukan kaum adam dan tidak lazim bagi kaum hawa, itulah sebenarnya salah satu penyebab minimnya keterlibatan kaum perempuan didalam kancah perpolitikan itu, sehingga tak heran kalau keterlibatan kaum hawa di dunia politik masih sangat minim lihat saja aturan partai masih ada yang enggan menempatkan perempuan di nomor urut pertama, lebih dominan ditempati laki-laki, padahal perempuan juga memiliki kapasitas yang mumpuni dalam memimpin, merancang, menjalankan dan menunjang keberhasilan pembangunan yang memadai.

Itulah dilema dan romantikanya dunia politik dan peran perempuan terlibat didalamnya Dari sudut politik struktur sosial dan politik masyarakat Indonesia secara umum memberikan ruang yang luas dan ramah bagi kaum perempuan untuk berkiprah dalamnya, termasuk menjadi pemimpin, bahkan kesempatan ini terus diberikan termasuk penetapan 30 % perempuan di parlemen melalui UU Pemilu jadi, bukannya hal tersebut telah memperjelas bahwa kaum feminis keberadaannya dalam dunia politik akan memberikan harapan baru bagi perubahan yang lebih baik.

Melanjutkan dari keterlibatan kaum perempuan untuk ikut dalam pergulatan politik di Sulawesi Selatan, misi untuk mewujudkan iklim politik yang sehat, diperlukan peran aktif dari semua elemen masyarakat Sulawesi selatan, dan hadirnya Andi Nurpati bukti terobosan baru untuk Sulawesi Selatan yang berkemajuan. (*)

*Aktifis Perempuan Sinjai

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca