Pertahankan Trah, Pangeran Diponegoro Miliki Istri Lebih dari Satu

0
112

Inspiratifnews.com-Lifestyle, Demi mempertahankan trah atau keturunan, Sang Panglima Perang Jawa, Pangeran Diponegoro diketahui memiliki istri lebih dari satu dan beberapa selir.

Hal tersebut mencuat ketika salah seorang sejarawan terkemuka melakukan penelitian puluhan tahun terkait Sang Pangeran Goa Selangor.

“Dia memiliki tujuh orang istri yang sah sepanjang hidupnya, dan beberapa selir,” ucap Peter Brian Ramsay Carey (67), sejarawan asal Inggris yang kini tinggal di Serpong, Tangerang, Kamis (11/2).

Berdasarkan penelitiannya, lelaki yang lahir di Rangoon, Burma itu pun berhasil menelurkan buku “Kuasa Ramalan” dan “Takdir: Riwayat Pangeran Diponegoro 1785-1855”, yang menjelaskan lebih dalam perjalanan hidup Pangeran Diponegoro.

Dengan memiliki istri lebih dari satu orang, masih kata Peter, Bendara Raden Mas Antawirya-nama kecil Pangeran Diponegoro-mempunyai anak yang berjumlah belasan.

“Dia memiliki tujuh belas anak yang tercatat dalam sejarah. Tujuh anaknya (6 lelaki dan 1 perempuan) lahir dari pengasingan beliau di Manado (1830-1833), Makassar (1833-1855). Dan semuanya, kecuali satu (Raden Mas Sarkumo) dikuburkan di pemakaman keluarga di Kampung Melayu, Makassar,” kata dia.

Dari belasan anaknya tersebut, Peter juga mengatakan bahwa kini, ribuan keturunan Diponegoro tersebar di beberapa wilayah Indonesia, di antaranya di Ambon, Makassar, Banyumas, Kulon Progo, Yogyakarta, Bogor, dan Jakarta.

Ihwal demikian, tentunya juga yang dilakukan beberapa raja Jawa dulu, demi menjaga trah, para pemangku kekuasaan memiliki banyak istri dan juga selir sehingga melahirkan generasi penerusnya.

 

 

sumber : merah putih

BAGIKAN

Komentar Pembaca