PesantrenMU, Bentuk Karakter Santri melalui Puasa Senin-Kamis

0
124

 

Inspiratifnews.com – Pinrang – Puasa Senin-Kamis merupakan salah satu puasa sunah yang tidak dilewatkan oleh santri dan santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Darul Arqam Punnia Labumpung Kabupaten Pinrang. Tujuan pembiasaan puasa Senin-Kamis adalah untuk membentuk karakter santri dan santriwati dalam menghadapi perkembangan era globalisasi saat ini serta era digital yang cukup pesat perkembangannya.

Wakil Direktur Kepesantrenan PontrenMu, Ustadz Andi Syamiluddin, saat dikonfirmasi mengatakan, Puasa Senin-Kamis adalah kegiatan sunnah Rasulullah yang menjadi kegiatan rutin santri di Pontrenmu Darul Arqam Punnia sebagai latihan pembiasaan melakukan sunnah.

“Pada hari Senin-Kamis, dapur santri dan santriwati ditutup pada siang hari. Sekarang, puasa senin-kamis sudah menjadi hal yang biasa bagi santri di pondok”, tambahnya.

Selain pembiasaan puasa senin-kamis, PontrenMu juga mengembangkan tahfidzul qur’an guna melahirkan hafidz dan hafidzah. Dalam menunjang pengembangan program tahfidzul qur’an, berbagai kegiatan turut digalakkan seperti rihlah tahfidz dan kemah tahfidz.

“Beberapa pekan lalu, santri PontrenMu telah melakukan rihlah tahfidz ke salah satu daerah di Kecamatan Lembang, dan hari ini juga santriwati PontrenMu mengikuti kemah tahfidz Pondok Pesantren Muhammadiyah se-Sulawesi Selatan di Masamba sekaligus melatih kemampuan kepanduannya melalui kepanduan Hizbul Wathan”, tutup Ustadz Andi Syamiluddin. (*)

Komentar Pembaca