Pestisida Ancaman Bagi Warga Massenrempulu

0
106

Kabupaten Enrekang merupakan daerah pegunungan yang begitu elok dipandang karena memiliki pemandangan yang begitu eksotis, serta penduduknya mayoritas berlatar belakang petani.

Selain itu, Kabupaten Enrekang juga dikenal sebagai daerah penghasil bawang merah di Sulawesi Selatan. Hampir setiap masyarakat pada tiga Kecamatan yakni Anggeraja, Baraka dan Malua menjadikan lahannya dikelolah menjadi lahan penanaman bawang merah yang harganya cukup menggiurkan dibandingkan tanaman lainnya.

Pada 3 Kecamatan tersebutlah,  menjadi sentra produksi bawang merah khusus di Kecamatan Anggeraja karena hampir semua lahan sudah dijadikan sebagai lahan penanaman bawang merah.

loading...

Dengan adanya hal itu, maka terjadi peningkatan pendapatan ekonomi dari petani bawang merah, akan tetapi ada hal jauh lebih penting yang terabaikan yakni kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitar diakibatkan oleh udara tercemar oleh pestisida (bahan kimia) yang dipakai oleh petani bawang untuk membunuh hama dari penanaman bawang tersebut.

Penggunaan pestisida secara berlebihan pasti akan berdampak langsung terhadap kesehatan masyarakat yang ada disekitar penanaman bawang merah. Bahkan tidak bisa dipungkiri lagi jika orang masuk di Kawasan Kecamatan Anggeraja maka yang tercium hanyalah bau pestisida dan tentunya hal ini akan berimplikasi terhadap kesehatan bagi masyarakat.

Setiap saat menghirup udara yang terkontaminasi dengan pestisida khususnya bagi usia pertumbuhan produktif. Hal ini juga cukup menggelitik, Mengapa Pemerintah Daerah tidak membuatkan satu regulasi, aturan kebijakan dalam hal radius kilometer lahan kelayakan penanaman bawang merah yang menggunakan pestisida secara berlebihan untuk menjaga kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Jika hal tersebut dibiarkan oleh Pemerintah Daerah kabupaten Enrekang, maka tidak menutup kemungkinan semua masyarakat yang berada pada zona penanaman bawang merah. tidak lagi masuk dalam kategori masyarakat sehat, tetapi masuk dalam kategori masyarakat berpenyakitan karena menghirup udara yang telah terkontaminasi dengan pestisida.

Abdul Karim
Pemuda Massenrempulu.

Komentar Pembaca