Pimpinan Daerah ‘Aisyiah Bulukumba Yang Baru Resmi Dilantik

0
135

 

Inspiratifnews.com-Bulukumba-Pimpinan daerah ‘Aisyiah Kab. Bulukumba periode 2015-2020 resmi dilantik oleh Pimpinan Wilayah ‘Aisyiah Sulawesi Selatan yang berlangsung di Aula kampus satu STKIP Muhammadiyah Bulukumba(28/5/2016)

Ketua Panitia dalam Hal ini Dra. Suraedah Arpa, M. Si. Memberikan laporan terkait pelaksanan pelantikan kali ini merupakan agenda yang sangat penting karena dengannya akan mengukuhkan kita dalam berbuat di persyarikatan. Tentunya dengan pelantikan diharapkan kedepan kita bisa berbuat lebih baik dan di butuhkan kerja sama kolektif didalamnya. Tutupnya.

Sementara itu ketua terpilih Dr. Hj. A. Sumrah, A. P. M. Si yang juga merupakan Dosen dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Bulukumba menyatakan bahwa sebagai kader kita tidak meminta jabatannya secara prinsipil di Muhammadiyah jika kita di serahi amanah maka harus kita terima. “Terima kasih kepada semua simpatisan dan kader persyarikatan atas kepercayaan ini dan mari saling bekerjasama dalam membawa Aisyiyah ke arah yang lebih baik”, Tegasnya.

Selain itu hadir pula dalam acara Pelantikan ini Pimpinan wilayah Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan dalam hal ini Dr. Hj. Mulyati, yang dalam sambutannya memaparkan bahwa “Aisyiyah harus menjadi gerakan pencerahan amar makruf nahi munkar. memang ada berbagai macam profesi di Aisyiyah dan itulah yang memberikan warna yang indah untuk saling melengkapi. Di Aisyiyah tidak ada gaji atau tunjangan namun merekalah yang menggaji diri mereka sendiri. 

Memang dalam organisasi pasti banyak tantangan namun Aisyiyah harus selalu memberikan solusi. Di Aisyiyah banyak program salah satunya gerakan dakwah lewat tabligh, namun ada persepsi yang salah dari masyarakat tentang gerakan dakwah yang hanya berputar di daerah tabligh padahal banyak metode yang bisa digunakan untuk berdakwah bukan hanya lewat tabligh. Di Aisyiyah ada gerakan Ekonomi dengan bina usaha ekonomi keluarga Aisyiyah (BUEKA), ada gerakan sosial melalui panti asuhannya dan banyak cara kita dalam berdakwah. Dan semua itu merupakan Amanah sebagai mana berfirman Allah  Dalam Quran Surah Al-Anfaal ayat 27 “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui”. Beliau mengajak mari perbaiki sholat, infaq, sadaqoh, hubungan kita dengan sesama, harus sensitif dengan sekitar kita misalkan masalah petani yang kesulitan dengan harga hasil pertanian yang tidak stabil.

Mari kita seimbangkan kerja otak kanan dan kiri, agar kita terjauh dari sifat hedonis. Mari kita bekerja dengan baik. Sebagai gerakan perempuan berkemajuan hingga menjadi citra dan kredibilitas bagi masyarakat. Dalam surat Al-insyirah ayat 7 Allah Apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan) kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmu lah kamu berharap. Hal ini menunjukkan bahwa organisasi ini adalah jalan menuju jalan Allah. Hendaknya dalam mengambil keputusan dilakukan dengan musyawarah dan berjamaah karena dua kepala lebih baik dari pada satu kepala. Selamat untuk pengurus baru silahkan bekerja sama dengan aparat pemerintahan krn banyak program yg bisa bersinergi dengan program kerja Aisyiyah”. Tutup beliau. 

Sementara itu sambutan dari Bupati yang diwakilkan kepada Kepala Bagian Umum, Drs. H. M. Noor, M. Pd.i, menyampaikan permohonan maaf karena Bapak Bupati sedang diluar daerah. M. Noor mengungkapkan bahwa ada kerinduan dengan guru bangsa yakni KH. Ahmad dahlan. “saat masih di takmirul saya merasa kesejukan, dan merasa bahwa disinilah tempat terbaik bagi saya”. Kenang yang juga merupakan kader Muhammadiyah ini.

Beliau pun mengucapkan Selamat kepada pimpinan Aisyiyah yang baru dilantik. Dan selamat datang kepada pimpinan wilayah Aisyiyah semoga pulang dengan membawa kesan yang baik dari Bulukumba.

Kita berharap dengan pelantikan ini dapat memantapkan lagi langkah Aisyiyah kedepan untuk membantu kerja-kerja pemerintah. Aisyiyah sebagai mitra strategis dalam membantu pemerintah, sehingga Aisyiyah harus mengambil peran, tentu Aisyiyah punya kemampuan terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi dan dampaknya. 

Aisyiyah sebenarnya sudah banyak membantu pemerintah, meski masih banyak dakwah bil hal, tapi alhamdulillah itu sangat membantu pemerintah. Bulukumba sebenarnya kekurangan muballigah, sebenarnya kami tahu di Aisyiyah banyak tapi mungkin kurang di ekspos. Semoga di kepengurusan yang baru potensi muballigah lebih banyak lagi dan bisa gaung. Semoga pelantikan hari ini tidak hanya sekedar ceremonial namun lebih bisa berbuat. Tutupnya.

Di akhir Sambutan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bulukumba, dalam hal ini Drs.Achmad Dansi, mengucapkan terima kasih kepada pihak pemerintah atas kehadirannya. ini merupakan amanah yang harus kita jaga baik di mata masyarakat dan keluarga hingga organisasi kita. Saya tahu bahwa ketua baru sibuk dengan kegiatan akademisi selaku dosen dan kegiatan akademik lainnya, namun kita ketahui dalam muhammadiyah memang tidak mengejar jabatan namun jika diberi amanah tidak boleh di tolak, dalam surah al-asher juga menjelaskan bahwa sesungguhnya kita berada dalam kerugian jika tidak melakukan kebaikan atauaatau sholeh.

 

Ada beberpa yang saya catat, menyadari diri sebagai khalifah dengan memberikan pencerahan pada masyarakat, mari kita mengajak, berdakwah amar makruf nahi munkar, gemar bersilaturahim, menjenguk yang sakit, menolong, dan menjauhkan diri dari perbuatan buruk. Menjaga diri dari perilaku tidak terpuji, tidak mengejar jabatan tapi tidak menokak jika di beri amanah.

Sekarang ini ada masalah kekerasan seksual hingga presiden langsung membuat perpu. Ini menjadi tugas kita untuk menjaga keluarga kita, dari berbagai keburukan termasuk Narkoba juga harus diperangi, dalam diri, keluarga dan masyarakat. Tutupnya.(Arifah Ulfah)

 

Komentar Pembaca