PJI Sulsel Gelar Konferda III

0
120

Inspiratifnews.com – Makassar – Kandidat Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, Hendra Nick Arthur siap menyerahkan pucuk kepemimpinan kepengurusan Pengda Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan periode selanjutnya jika kandidat lainnya mampu menunjukkan loyalitas dan dedikasinya bagi organisasi.

Pernyataan sikap ini disampaikan jurnalis yang saat ini tercatat sebagai leader manajemen KabarMakassar.com, salah satu jaringan sindikasi media berbasis daring asal Makassar.

Meski mantan jurnalis Harian Bisnis Indonesia ini mengklaim telah mengantongi restu dari Pengurus Pusat PJI serta sejumlah jurnalis senior di lingkup PJI Sulsel, dia mengaku siap memberikan suaranya bagi yang layak.

“Saya telah melakukan konsolidasi dengan 55 pemilik suara. Bisa saja suara itu saya serahkan ke kandidat yang lain. Tapi saya belum yakin, apakah mereka layak,” ucap pria kelahiran Palopo ini dalam keterangan resmi, Sabtu (15/10/2016).

Dia mengaku, belum ada calon yang bisa menunjukkan dedikasi dan loyalitas bagi organisasi selama terdaftar sebagai anggota hingga proses penjaringan bakal calon dan penutupan pendaftaran balon kemarin.

“Sebenarnya saya sudah lelah dengan kepengurusan sebelumnya. Kekhawatiran saya yang mendorong saya maju di Konferda ini. Saya belum melihat calon yang bisa menggantikan figur Ketua Demisioner, Jumadi Mappanganro,” ujarnya

Mantan koresponden Kantor Berita Antara Biro Sulsel ini hanya berharap kandidat tidak fokus pada pemenangan calon saja. Melainkan bisa memberikan inspirasi dan edukasi bagi masyarakat daerah ini akan pentingnya menjaga keberagaman dalam mengawal proses demokrasi tanah air.

“Kita tunjukkan bagaimana demokrasi yang sebenarnya. Tidak gampang memikul beban organisasi profesi yang mulia ini. Pencitraan hanya bagi mereka yang memiliki kepentingan lain,” ujar pria yang memulai karir jurnalistiknya dari reporter radio di kota ini.

Pada kesempatan lain, Ketua Panitia Konferda III PJI Sulsel, Syafril Rahmat mengatakan, aklamasi merupakan alternatif terakhir dan merupakan instrumen dengan peluang paling tipis dilakukan lantaran sejumlah anggota PJI Sulsel telah menyatakan kesiapannya untuk bertarung dalam bursa pemilihan ketua.

“Biarkan proses demokrasi berjalan apa adanya. Kita berharap Konferda atau Musda PJI Sulsel bisa berlangsung tertib tanpa kegaduhan yang bisa mempermalukan profesi kita sendiri,” kata Ariel yang terdaftar sebagai Jurnalis Harian Berita Kota Makassar ini.

Di sisi lain, pelaksanaan Konferda III juga diharapkan bisa melahirkan sosok pimpinan PJI Sulsel yang berintegritas dan bebas dari afiliasi kepentingan pihak tertentu.

Sekedar diketahui, Konferda III PJI Sulsel dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (15/10/2016) ini bertempat di Hotel Trisula Panakukan Makassar dengan agenda utama pemilihan ketua dan jajaran pengurus untuk periode 2016-2021. (rilis)

Komentar Pembaca