PLN Tanam Hutan Mangrove di Bone

0
125

Inspiratifnews.com – Bone – PLN memiliki beberapa program Bina Lingkungan yang dibagi dalam beberapa kategori yaitu PLN Peduli Sarana Ibadah, PLN Peduli Pendidikan, dan PLN Peduli Pesantren. Bina lingkungan pada dasarnya adalah sebuah program yang diberikan melalui bantuan dana untuk keperluan program/kegiatan pengembangan masyarakat yang berfokus kepada wilayah lokasi dimana suatu BUMN beroperasi.

Bina Lingkungan merupakan program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat oleh BUMN melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN. Dasar dari program Bina Lingkungan adalah Peraturan Menteri BUMN Per-03/MBU/12/2016 tanggal 16 Desember 2016. Salah satu bentuk implementasi PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar diwujudkan dalam PLN Peduli Lingkungan Penanaman Hutan MNangrove di Desa Bone Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.

PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, utamanya kelestarian hutan mangrove. Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar, seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Atas dasar itu, PLN Sulselrabar ingin berpartisipasi dalam menjaga kelestarian hutan mangrove dengan menyalurkan bantuan Program “PLN PEDULI LINGKUNGAN”.

PLN Menyerahkan Bantuan Tersebut dalam bentuk bantuan dana Sebesar Rp. 50.000.000 (Lima Puluh Juta Rupiah) melalui lembaga Maradeka Institute Sulawesi Selatan yang akan digunakan untuk penanaman hutan Mangrove di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.

Penyerahan bantuan ini telah dilaksanakan di kantor PLN Wilayah Sulselrabar pada hari Selasa, 06 Juni 2017 dan diserahkan langsung oleh Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara Machnizon Masri, General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar, General Manager UIP Sulawesi Bagian Selatan yang kemudian dilanjutkan dengan acara Buka Bersama.

Pada hari ini, Sabtu, 12 Agustus 2017, PLN melalui Lembaga Maradeka Institute Selawesi Selatan telah merealisasikan program penanaman hutan mangrove di Desa Bone Pute Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.

Bob Saril GM PLN Wilayah Sulselrabar mengatakan bahwa PLN sangat concern dengan adanya kegiatan yang berkaitan dengan pemeliharaan lingkungan. “PLN memberikan dukungan kepada hal yang berhubungan dengan pelestarian ekosistem salah satunya dengan Program Penanaman Hutan Mangrove ini”, pungkas Bob Saril.

Pada kesempatannya Kepala Desa Bone Pote Andi Irwan. menjelaskan bahwa mangrove dapat melestarikan keberadaan ekosistem bawah laut. “Penanaman mangrove ini sangat bermanfaat bagi lingkungan desa kami khususnya untuk mencegah abrasi laut,” pungkas Andi Irwan.

Dengan diserahkannya bantuan pembinaan ini, PLN Sulselrabar telah menunjukkan kepedulian dan peran aktif terhadap kelestarian hutan mangrove. Kepedulian akan lingkungan merupakan wujud nyata dari salah satu misi PLN yaitu menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. (rls)

 

Komentar Pembaca