Ponpes An Nahdlah Laksanakan Orientasi Masa Kesetian Santri (OMAKSA)

0
134

Inspiratifnews.com,Makassar-Pondok pesantren An Nahdlah Kota Makassar melaksanakan kegiatan orientasi masa kesetiaan Santri yang dipusatkan di Pondok pesantren An Nahdlah Makassar (19-23 April 2016)

image

Kegiatan Orientasi Masa Kesetian Santri (OMAKSA) diperuntukkan bagi para santri-santriwati yang telah mengikuti ujian nasional bagi kelas III Madrasah Aliyah yang tidak lama lagi akan tamat dan melanjutkan pendidikan di universitas.

Kegiatan tersebut adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun untuk memberikan bekal dan presepsi bagi santri-santriwati yang akan melanjutkan kuliah. Mereka lebih awal di perkenalkan dunia kampus, sehingga mereka dapat memahami apa yang akan dilakukan dan menjadi target jika melanjutkan pendidikannya.

Adapun materi-materi yang diberikan pada acara ini, keaswajaan, kepesantrenan, kepemimpinan, nilai dasar perjuangan pesantren, KeNUan, Ke An Nahdlah an dan kemahasiswaan serta tanggung jawab sosial.

Harapan dari kegiatan ini para alumni telah dimantapkan dasar-dasar pemahaman keagamaannya dan sosialnya sebelum keluar dari pesantren. sehingga jika mereka mendapatkan ajakan dari pemahaman keagamaan yang berbeda tidak mudah ikut arus dan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai yang telah di dapatkan di An- Nahdlah.

Dr. H. Afifuddin Harisah sebagai pimpinan pondok mengatakan “Kegiatan ini menjadi bekal bagi santri untuk lebih memantapkan kembali apa yang pernah dipelajari selama di pesantren sebelum tamat dan mereka telah belajar selama 6 tahun dan mengikuti pengajian subuh magrib tiap hari tentu telah memiliki bekal yang cukup untuk terjun di masyarakat” ungkapnya

Sementara itu ketua IAPAN H. Firdaus Dahlan mengungkapkan bahwa “kegiatan seperti ini sangat penting bagi santri sebelum tamat dimantapkan kembali apa yang telah mereka pelajari dan memperkenalkan lebih awal dunia kampus” tandasnya.

“Para peserta antusis dan sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. apalagi acara ini di desain dengan santai dan menarik, sehingga mereka mengikutinya tanpa merasa terbebani. Alhamdulillah narasumber yang diundang untuk membawakan materi hadir dan itu juga menjadi inspirasi bagi para peserta” tegas Muh. Aswad ketua instruktur saat dikonfirmasi oleh Inspiratif News. (EO)

Komentar Pembaca