Presiden Jokowi Kirim Bantuan Gelombang Pertama

1
17

Inspiratifnews.com-Jakarta Presiden Joko Widodo melepas penerbangan pertama bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk pengungsi Rohingya di Base Ops, Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (13/9/2017). Bantuan gelombang pertama berupa beras, makanan siap saji, family kit, tenda untuk pengungsi, dan selimut, dengan total 34 ton tersebut diangkut oleh 4 pesawat Hercules untuk pengungsi Rohingnya menuju Rakhine State, Myanmar.

Selain itu Presiden Jokowi mendesak kepada Pemerintah Myanmar, agar menghentikan kekerasan pada etnis Rohingya di negera tersebut.

Jokowi juga mendesak agar pemerintah Myanmar memberikan akses pemberian bantuan pada etnis Rohingya di Rakhine. Indonesia telah memberikan bantuan makanan, obat-obatan, dan pembangunan sekolah bagi suku Rohingya di Myanmar.

Untuk alasan kemanusiaan, kata Jokowi, Pemerintah Indonesia telah memberikan bantuan makanan sejak Januari 2017 dan membangun sekolah bagi etnis Rohingya di Myanmar.

“Dan juga akan segera membangun rumah sakit yang akan dimulai Oktober mendatang,” ujarnya Presiden.

Selain itu, menurut Jokowi, Pemerintah Indonesia juga akan memberikan bantuan etnis Rohingya di Banglades.

“Indonesia sudah menugaskan kedutaan untuk memberikan bantuan terbaik. Juga bantuan ke Banglades untuk pengungsi Rohingya di sana. Kita harapakan minggu ini akan dikirim,” paparnya.

Jokowi menegaskan, kekerasan etnis Rohingya di Myanmar harus segera dihentikan demi alasan kemanusiaan.

“Sekali lagi krisis kemanusiaan ini harus segera dihentikan,” Presiden Jokowi menandaskan.

Editor : Ana

loading...
BAGIKAN

Komentar Pembaca