Profesi Apoteker Farmasi UMI Gelar Pembekalan PKPA

0
194

Inspiratifnews.com – Makassar – Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar bekerjasama dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) menggelar Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di ruang Aula Farmasi UMI Makasar, Senin (6/2/2017).

Peserta Pelatihan Farmasi UMI. (Foto : Ina)
Peserta Pelatihan Farmasi UMI. (Foto : Ina)

Kegiatan gelombang pertama dilaksanakan selama 1 bulan dan diikuti oleh 69 orang dari berbagai instansi kesehatan yaitu 8 Rumah Sakit, Puskesmas dan 8 instansi pemerintah lainya.

Dekan Fakultas Farmasi UMI Makassar, Rachmat Kosman Mengatakan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) merupakan implementasi UU profesi farmasi sehingga UMI Makassar mendapat kepercayaan untuk melaksanakan profesi apoteker ini.

“Farmasi UMI dipercayakan untuk melaksanakan profesi ini. Karena salah satu poin dari UU tersebut ialah bahwa syarat menjadi profesi farmasi ialah mengikuti PKPA serta ujian apoteker,” ujar Rachmat.

Pada PKPA, calon profesi farmasi diberi materi yang sesuai dengan kurikulum kesehatan dan apoteker meliputi materi dasar, materi kesehatan serta materi keterampilan lainnya.

“Di akhir pelatihan, calon peserta profesi akan mengikuti ujian profesi apoteker,” katanya.

Dia menambahkan, calon profesi ini harus diberikan nkesempatan belajar yang profesional sehingga mereka bisa menjadi figur apoteker yang profesional.

Menurutnya, profesi farmasi atau kesehatan saat ini menjadi profesi yang paling diminati. Namun, ada beberapa hal yang harus dicermati seorang medis, yaitu keterampilan dan mental. Untuk itu di hadapan peserta PKPA, Rachmat mengatakan, pelatihan ini merupakan wahana untuk meningkatkan keterampilan seorang apoteker ketika turun di lapangan.

“Profesi ini juga memerlukan skill yang tinggi. Apoteker tanpa skill itu tidak akan menjadi apa-apa,” imbuh Rachmat. (rls)

Komentar Pembaca