Progres Proyek Pembangunan Makassar New Port 27,01%

0
160

Inspiratifnews.com – Makassar, Pada tahap 1 setelah ground breaking makassar new port tahun lalu, sejauh ini PT Pelindo IV telah memprioritaskan pembangunan fisik Makassar New Port pada tahap awal paket 1A yang sudah mencapai 27,01% dengan pagu anggaran mencapai kurang lebih Rp300 Miliar.

“Progres tersebut sudah melampaui target yang ditetapkan dari target sebesar 25 persen,” ungkap  Susantono, Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelindo IV di acara temu diskusi media di kantor Pelindo IV, Jumat (19/5/16).

Menurut Susantono, pada saat ini pembangunan MNP tahap 1A bulan April 2016 sudah menyerap anggaran sebesar Rp48 Miliar yang bersumber dari anggaran pagu proyek sebesar Rp300 miliar sementara total anggaran keseluruhan hingga makassar new port rampung mencapai mencapai Rp1,8 triliun.

“Anggaran sebesar Rp1,8 triliun tersebut, nantinya akan digunakan untuk membangun dermaga tiga dengan kedalaman 16 meter, dan lapangan seluas kurang lebih 16 hektar,” ujarnya.

Ia menambahkan, Progres Makassar New Port ditargetkan sudah bisa dimanfaatkan pada tahun 2018 mendatang, pelabuhan ini nantinya akan terintegrasi dengan Kawasan Industri Makassar dan seluas kurang lebih 300 hektar untuk mengembangkan industri di wilayah Timur Indonesia dan juga pembebasan lahan untuk jalur rel kereta api.

Selain itu, lanjut Susantono, pembangunan MNP juga akan diintegrasikan dengan jalur rel kereta api Lintas Makassar-Parepare serta Kawasan Industri Makassar (KIMA). “Target kita, proyek MNP tahap pertama ini sudah rampung akhir tahun 2017 dan akan beroperasi di awal  triwulan pertama di tahun 2018 mendatang,” terangnya.

Lebih jauh, Susantono, mengatakan, pembangunan Proyek MNP sudah sangat dibutuhkan mengingat sekarang ini kapasitas Terminal Petikemas Makassar sudah over. “TPM hanya mampu menampung 400 ribu Teus dan kondisi sekarang ini sudah mencapai 560 ribu, itu artinya sudah melebihi batas yang sudah ditentukan,” ujarnya.(ish)

Komentar Pembaca